Kesadaran Jaga Kebersihan Masih Minim, Sampah Kertas Berserakan di Lampu Merah Barisan Sampang

SAMPANG, SUARABANGSA.co.id Tidak diketahui asalnya dari mana, sampah kertas berserakan di lampu merah barisan, Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, pada Selasa (24/05/2022).

Sampah kertas berukuran 15 x 10 cm itu beterbangan lantaran terkena hembusan angin kendaraan yang melintas. Hal tersebut diduga terjadi karena kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan masih sangat minim.

Berdasarkan pengamatan kontributor suarabangsa.co.id, meski tak ada bau, namun estetika kebersihan jalanan di kota Bahari itu terlihat kotor. Sampah terlihat semakin berserakan ketika dilindas kendaraan roda empat.

Baca Juga:  Kerap Kecolongan, Kinerja Satgas Covid-19 Kecamatan Camplong Sampang Dipertanyakan

Kondisi tersebut tentu membuat lingkungan tidak nyaman. Warga pun mengharapkan ada pembersihan jalan ini supaya sampah tak beterbangan dan merusak keindahan kota.

Rizal (50) salah seorang pengendara yang melintasi jalan tersebut mengeluhkan dengan sampah yang berserakan di Jalan. Ia menilai warga sembarangan membuang sampah di sana dan pemerintah daerah terkesan membiarkan sampah itu.

“Tampaknya warga sengaja buang sampah di sana, sampah tersebut sampai berserakan. Pemerintah juga terkesan membiarkan sampah itu, tidak ada ditindak untuk mengangkut,” sesal Rizal, saat di jumpai wartawan online ini.

Baca Juga:  Tercebur ke Sumur, Wanita Paruh Baya di Pangarengan Sampang Meninggal Dunia

Kebiasaan membuang sampah seperti itu, menurutnya, harus segera dihilangkan. Karena dampak membuang sampah tersebut berakibat bisa merusak lingkungan dan membuat pemandangan menjadi kotor.

Apalagi, kata dia, lokasi pembuangan sampah liar berada di jalan raya nasional yang ditakutkan menimbulkan kesan tidak baik, khususnya pada pemerintah daerah.

“Sangat disayangkan masih ada saja perilaku orang yang buang sampah sembarangan kalau bisa ada sanksi supaya jera,” keluhnya lagi.

Ia juga menilai, kondisi seperti ini seharusnya tidak terjadi di kota yang mempunyai sebutan Bahari (Bersih, Agamis, Harmonis, Aman, Rapi, Indah).

Baca Juga:  Tingkatkan Disiplin Prokes, Sat Binmas Polres Sampang Bersama Siswa SLB Bagikan Masker pada Pengguna Jalan

Dirinya pun berharap, kedepannya ada perhatian lebih dari Pemerintah Daerah agar kondisi seperti ini, jangan terjadi lagi.

“Kami masyarakat sungguh sangat menyesal sekali karena melihat sampah-sampah ini berserakan di jalan raya yang terkesan dibiarkan begitu saja,” tandasnya.

Temukan Kami: