Bupati Pamekasan Terima Penghargaan Peringkat Kedua Dari Kemenag RI

PAMEKASAN, SUARABANGSA.co.id Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam menerima penghargaan dari Kementerian Agama (Kemenag) RI atas partisipasi dan kontribusinya terhadap pengembangan pendidikan agama Islam (PAI).

Penerimaan penghargaan tersebut diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan, Akhmad Zaini di Hotel Anvaya Jalan Kartika Plaza, Badung, Bali, Jum’at (20/5/2022) malam.

Penghargaan peringkat II Kabupaten se Indonesia tersebut diberikan kepada Kabupaten Pamekasan yang berpartisipasi dan berkontribusi dalam pengembangan dan kebijakan positif bagi pendidikan agama Islam di sekolah dengan ploting anggaran yang sangat besar bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Baca Juga:  Sempat Hilang, Nelayan Karduluk Ditemukan Meninggal

“Anggaran yang besar tersebut akhirnya membawa Kabupaten Pamekasan mendapat penghargaan peringkat kedua se Indonesia setelah Kabupaten Bogor,” terang Akhmad Zaini.

Pihaknya menjelaskan, kepedulian Pemkab Pamekasan di bawah kepemimpinan Bupati Baddrut Tamam terhadap pendidikan agama, salah satunya dengan memberikan bantuan kepada guru PAI yang mengikuti PPG sebesar Rp 10 juta per guru dengan jumlah 100 guru pada tahun 2021. Total anggaran untuk kegiatan itu sekitar Rp 1 miliar.

“Kemenag RI itu memberikan penghargaan kepada daerah-daerah yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pendidikan agama. Pamekasan menjadi kabupaten peringkat kedua terbesar jumlah APBD yang digelontorkan untuk peningkatan kualitas pendidikan Agama Islam,” terangnya.

Baca Juga:  Cek Kondisi Kesehatan Personil, Kodim 0826 Pamekasan Gelar Rikes Berkala Tahun 2022

Akhamad Zaini menambahkan, Pemkab Pamekasan juga memberikan honor kepada guru honorer PAI yang mengajar di sekolah negeri sebesar Rp 600 ribu perbulan, serta program lain yang mendukung kualitas guru PAI.

“Anggaran besar terhadap pendidikan agama merupakan bentuk kepedulian Bupati Baddrut Tamam terhadap pendidikan agama demi terwujudnya kualitas pendidikan di wilayah bumi gerbang salam,” tandasnya.

Menurut Zaini, Pemerintah Daerah memberikan apresiasi, membantu guru agama untuk peningkatan kualitasnya.

“Ini penghargaan tahun 2021 yang diberikan tahun 2022,” pungkasnya.

Leave a Reply