Bupati Bondowoso Serahkan Bantuan Renovasi Masjid dan Paket Sembako

BONDOWOSO, SUARABANGSA.co.id – Bupati Bondowoso bersama jajaran Pemkab melakukan Safari Ramadhan di Masjid Al Barokah, Desa Alas Sumur, Kecamatan Pujer, Kamis (07/04/2022).

Bupati Salwa Arifin didampingi Sekretaris Daerah, Bambang Soekwanto dan sejumlah pejabat eselon II juga memberikan beberapa bantuan renovasi masjid sebesar Rp 75 juta, belasan paket sembako, dan tali asih.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Salwa Arifin mengajak masyarakat agar turut serta bersama-sama menjaga ketentraman dan ketertiban di wilayahnya. Utamanya, menjelang Idul Fitri. Karena biasanya meningkatnya kebutuhan seringkali diikuti juga dengan tingginya kriminalitas.

Baca Juga:  Bupati Bondowoso Larang Mudik Lebaran Pakai Mobil Dinas

“Aparat desa, Camat, masyarakat, saya titip keamanan, ketertiban di wilayahnya,” ujarnya.

Bupati juga berharap agar seluruh masyarakat tetap menjaga kerukunan antar umat bergama. Terlebih adanya perbedaan waktu awal puasa dan perbedaan Idul Fitri.

Tolong jaga kerukunan antar umat beragama. Jangan sampai cek cok, karena hanya perbedaan waktu puasa dan Idul Fitri. Kebersamaan ini penting,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Bondowoso, Bambang Soekwanto, menerangkan, bahwa bantuan tersebut berasal dari APBD Bondowoso.

“Itu juga berdasarkan analisis kemampuan dari Pemerintah Daerah,” katanya.

Baca Juga:  Alumni AKABRI 1996 Laksanakan Vaksinasi Massal dan Bagikan Sembako 

Plt. Kepala Bagian Kesejahteraan Pemkab Bondowoso, Abdul Mufid, menambahkan, bantuan ini hanya stimulus untuk renovasi masjid yang memang layak untuk direhab.

Besaran bantuannya sendiri menyesuaikan dengan kebutuhan masjid, dan kemampuan APBD.

“Untuk proses pencairannya sama seperti yang lain, ini kan hibah yang diserahkan ke lembaga keagamaan, butuh yang namanya proposal pengajuan juga ke kita,” katanya.

Mufid menyebutkan, di Safari Ramadhan tahun ini pihaknya juga akan membantu masjid-masjid yang akan dikunjungi. Dengan besaran yang tak sama, atau menyesuaikan kebutuhan masjid.

“Kita hanya mensupport saja, sebenarnya 70 persen masjid dari total 2 ribuan masjid di Bondowoso memerlukan uluran dari APBD/APBN. Kita tak sanggup jika hanya menggunakan anggaran APBD,” pungkasnya.(***)

Baca Juga:  Rumah Sakit Nindhita Sampang Diduga Masih Pungut Biaya Bersalin, Meski Gunakan BPJS
Temukan Kami: