Sosok Sekda Bondowoso Bambang Soekwanto yang Dekat dengan Pangkostrad Jenderal Dudung

Sekda Bondowoso Bambang Soekwanto saat berfoto bersama Jenderal Dudung saat masih menjadi Pangkostrad. Facebook/@benksoekwanto

BONDOWOSO, SUARABANGSA.co.id – Semangat baru untuk pembangunan Kabupaten Bondowoso dibawa oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Baru Bondowoso yang dilantik pada Kamis (24/3/2022).

Bupati Bondowoso Drs. KH. Salwa Arifin memberikan amanah itu kepada Drs. H. Bambang Soekwanto, MM.

Sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang.

Bagi birokrasi Pemerintah Daerah Bondowoso, Bambang Soekwanto bukanlah sosok yang baru.

Sebelum menjadi kepala dinas di Kabupaten Lumajang (ikut open bidding), Bambang Soekwanto telah menjadi pejabat di Kabupaten Bondowoso.

Mulai Kabag Humas, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, Olahraga dan Perhubungan (Disparporahub), dan Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag).

Baca Juga:  Pasca Pandemi, Antusias Perjalanan Umrah di Bondowoso Meningkat

Selain itu, dilansir dari berbagai sumber, Bambang Soekwanto adalah sosok yang dekat dengan KASAD Jenderal Dudung Abdurachman.

Bahkan karena kedekatannya itu, Bambang memanggilnya dengan ‘Kang Dudung’.
Kedekatan Bambang Soekwanto terlihat pada postingan facebooknya, pada 28 Agustus 2021, saat Jenderal Dudung masih berpangkat Letjen dan menjabat Pangkostrad.

“Alhamdulillah bisa mendampingi Pangkostrad letjen Dudung AR & Pangdiv 2 mayjen Andi M saat kunjungan ke mako yon kostrad raider….semoga beliau berdua diberi kesehatan & sukses selalu aamiin,” tulis Bambang Soekwanto di akun Fb pada 28 Agustus 2021.

Baca Juga:  Kapolres Bondowoso Dampingi Danrem 083/Bdj Buka Liga Santri

Di akhir postingan, Bambang Soekwanto memberi tanda pagar #sma9bdg. Keduanya memiliki kedekatan ketika di SMAN 9 Bandung. Diketahui, Jenderal Dudung adalah alumni SMA Negeri 9 Bandung. Lulus pada tahun 1985.

Momen postingan kedekatan berikutnya, adalah saat Presiden Jokowi melantik Jenderal Dudung Abdurrachman sebagai KASAD, Bambang Soekwanto memberi ucapan dengan panggilan keakraban Kang Dudung.

“Perjalanan kang dudung AR menuju puncak,” tulis Bambang Soekwanto dilansir dari FB nya pada 17 November 2021.
Kini Bambang Soekwanto adalah Sekda Bondowoso. Menempati jabatan karir tertinggi ASN di tataran Pemerintah Kabupaten.

Baca Juga:  Mafia Pupuk Diduga Terkena OTT APH, Komisi II: Pintu Masuk Polisi Ungkap Penyimpangan Pupuk Subsidi di Bondowoso

“Kami akan konsolidasi bupati dan dengan struktur pemerintah daerah untuk pembangunan Bondowoso sesegera mungkin,” jelasnya kepada awak media seusai pelantikan di pendapa bupati, pada Kamis 24 Maret 2022. (awi)

Leave a Reply