Antisipasi Banjir, Dinas PUPR Sampang Imbau Warga Tak Buang Sampah ke Kali Kamoning

DBHCHT Sumenep

SAMPANG, SUARABANGSA.co.id Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya kerap membuat mereka mengganggap saluran air sebagai tempat untuk membuang sampah.

Akibatnya, akan terjadi penyumbatan saluran di aliran air lantaran sampah yang menumpuk. Parahnya lagi, tumpukan sampah di saluran air dapat menciptakan sedimentasi di dasar saluran air yang mengakibatkan terjadinya pendangkalan yang menimbulkan genangan.

Untuk itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur mengingatkan bahwa saluran air bukan merupakan tempat sampah melainkan tempat mengalirnya air. Jika dipenuhi sampah, maka air tidak dapat mengalir secara lancar.

Baca Juga:  Seorang Nelayan di Arjasa Sumenep Ditemukan Tewas

Kabid Pengelolaan Sungai DPUPR Sampang Indah Sri Wahyuni dikonfirmasi melalui Kasi pemanfaatan dan Perlindungan sungai Dwi Eko Harijanto mengatakan bahwa menjaga kebersihan sungai kali Kamoning merupakan tanggungjawab bersama.

“Seluruh warga sejatinya harus saling mengingatkan untuk tidak membuang sampah sembarangan utamanya di sekitar saluran air. Sebab, hal tersebut berpotensi dapat menyebabkan banjir,” kata Dwi Eko, Rabu (15/09/2021).

Eko menambahkan, terdapat beberapa lokasi yang kerap terjadi penumpukan sampah. Ia menambahkan, kebiasaan membuang sampah sembarangan ke saluran air harus disadari oleh setiap warga karena akan menimbulkan masalah.

Baca Juga:  Gema Kembali Laksanakan Khitanan Massal Gratis

“Sudah sering kami bersihkan, besoknya ada lagi (sampah). Untuk itu kesadaran masyarakat perlu ditingkatkan agar banjir tidak menjadi ancaman bagi kita semua,” ujarnya.

Menurutnya, apabila terjadi hujan dengan intensitas yang cukup tinggi, kalau saluran yang ada di Kali Kamoning tersebut tersumbat maka dapat menyebabkan banjir.

“Mari kita bersama-sama untuk saling menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai kali Kamoning karena hal tersebut dapat mengakibatkan bencana banjir,” pungkasnya.

Leave a Reply