Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Serahkan Bantuan Alsintan Bagi Gapoktan

PROBOLINGGO, Suarabangsa.co.id – Dalam reses masa persidangan V, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) bagi gabungan kelompok tani (gapoktan) yang ada di wilayah Kecamatan Bantaran, Kamis (5/8/2021).

Bantuan yang diserahkan di Balai Desa Bantaran Kecamatan Bantaran ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo Taufik Alami serta Camat Bantaran Saniwar bersama jajaran Forkopimka Bantaran.

Alsintan yang diberikan dalam kesempatan tersebut terdiri dari tiga mesin pompa air dengan ukuran 4 dim diberikan kepada tiga gapoktan diantaranya Gapoktan Sumber Rejeki 2 Desa Kedungrejo, Gapoktan Tirta Mulya 2 Desa Kropak dan Gapoktan Gunung Sari Desa Gunung tugel.

Selanjutnya alsintan perontok jagung diberikan kepada Gapoktan Harapan IV Desa Tempuran serta alsintan perontok padi diberikan kepada Gapoktan Karya Tani 2 Desa Patokan dan Gapoktan Sumber Agung 1 Desa Kramat Agung. U

mesin bajak pembajak sawah (hand traktor) sejumlah 3 (tiga) unit diberikan kepada Gapoktan Margo Rukun 3 Desa Legundi, Gapoktan Tani Makmur II Desa Karanganyar dan Gapoktan Abdi Tani III Desa Bantaran.
Alsintan merupakan sarana untuk pertanian bergerak menuju kearah modernisasi yang bermanfaat untuk mempercepat proses pengolahan tanah, masa tanam hingga pada masa panen. Dengan alsintan ini tentu membantu petani yaitu menghemat waktu, tenaga dan juga biaya dalam produksi pertanian.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si menjelaskan bantuan alsintan didistribusikan pada tiap-tiap desa se-Kabupaten Probolinggo sebagaimana yang telah dilakukan sekarang ini di tiap-tiap desa se-Kecamatan Bantaran.

“Dengan alsintan yang diserahkan kepada gapoktan ini bertujuan untuk memudahkan kinerja para petani di lapangan,” katanya.

Menurut Hasan, para kepala desa turut bertanggung jawab terhadap bantuan alsintan yang diberikan kepada para gapoktan. Fasilitas ini harus dimanfaatkan kepada para petani untuk mempermudah mengolah lahan pertaniannya tanpa ada pungutan (gratis).

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan dapat meningkatkan hasil pertaniannya,” harapnya.

Baca Juga:  Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Berikan Bantuan Paket Sembako dan Vitamin Kepada Wartawan Terdampak Covid 19

Leave a Reply