Dangdutan di Desa Gunung Maddah Langgar Prokes, Pengawasan Satgas Covid-19 Sampang Dinilai Masih Lemah

SAMPANG, SUARABANGSA.co.id — Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur telah abai dalam melindungi masyarakat dari bahaya tertular virus corona dengan membiarkan terjadinya kerumunan di acara pesta dangdut dalam pernikahan salah seorang warga di Desa Gunung Maddah, Kecamatan Sampang pada Selasa (01/06/2021) malam.

Bahkan, panitia acara tidak memperdulikan penyebaran wabah Covid-19, pesta pernikahan tersebut berlangsung meriah dan bahkan disiarkan langsung melalui Aplikasi Facebook dan Youtube yang sama sekali tidak mematuhi protokol kesehatan.

Informasi yang diterima kontributor suarabangsa.co.id, acara hajatan tersebut sudah mendapatkan rekomendasi dari Satgas Covid-19 setempat. Namun, diduga kuat acara itu telah melanggar Perbup nomor 53 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum dan Protokol Kesehatan.

Ada dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh pihak panitia terjadi dikarenakan lemahnya pengawasan dari Satgas Covid-19, selain itu juga diduga karena koordinasi yang amburadul. Tim Satgas Covid-19 hanya mengeluarkan rekomendasi tetapi tidak melakukan pengawasan.

Kabid Penegakan Perda Satpol PP Kabupaten Sampang, A Taufik dikonfirmasi melalui Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Mohammad Suharto menyampaikan jika pihaknya masih melakukan koordinasi.

“Saya masih mau koordinasi dulu ya, soalnya kita di gugus tugas kan tidak sendirian, ada tim. Kami akan koordinasi dulu sama Asisten atau pak Sekda. Apa kebijakan beliau akan kami jalankan,” kata Suharto, Kamis (03/06/2021).

Seharusnya, kata dia, ketika Satgas Covid-19 telah memberikan rekomendasi semestinya diawasi dan ditindaklanjuti.

“Kalau sudah ada rekomnya kami tidak jalan sendiri, kami ada tim. Tim itu dari TNI-Polri,” timpal Suharto.

Sementara itu, Satgas Covid-19 Kabupaten Sampang Rachmat Sugiono saat dikonfirmasi membenarkan adanya kegiatan itu. Diakuinya, jika Satgas Covid-19 telah mengeluarkan rekomendasi izin dan juga sudah memberikan imbauan pada panitia acara.

“Iya itu, padahal tadi saya sudah mengingatkan pada panitia, tapi kenyataan malah begitu (melanggar protokol kesehatan),” sebutnya dengan nada kecewa, dikonfirmasi via sambungan telepon, kemarin.

Baca Juga:  Bruuuk!!! Bagian Atap Plafon Bekas Kantor Dinas Ketahanan Pangan Sampang Ambruk

Leave a Reply