Pimpin Apel Operasi Ketupat Semeru 2021, Bupati Sumenep Sampaikan Delapan Amanat Kapolri

SUMENEP, SUARABANGSA.co.id – Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021 digelar di Lapangan Apel Sanika Satyawada Polres Sumenep, Rabu (05/05) pukul 08:00 WIB.

Apel Operasi Ketupat Semeru dipimpin langasung Bupati Sumenep Achmad Fauzi. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mewujudkan Sitkamtibmas yang kondusif dan memberikan rasa aman, nyaman kepada masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa serta merayakan Idul Fitri 1442 H di tengah pandemi Covid-19 tahun 2021 dan larangan mudik lebaran.

Pada acara Apel tersebut terdapat delapan amanat Kapolri yang dibacakan Bupati Sumenep, yaitu yang pertama, agar para personel menyiapkan mental dan fisik serta menjaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

Kedua, melakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

Ketiga, selalu tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Selanjutnya yang keempat, yaitu agar melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi Sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system.

“Kapolri meminta agar laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, serta bertindak secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas,” lanjut Fauzi membacakan amanat kelima Kapolri.

Keenam, mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

Ketujuh, Fauzi menyampaikan bahwa Kapolri meminta seluruh personel Polri agar tetap menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dalam mencegah penyebaran Covid-19. Yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

“Yang terakhir dari Kalolri, yaitu yang kedelapan, partikan petugas frontliner (garis depan) telah melaksanakan program vaksinasi sebanyak 2 kali,” terangnya.

Selain Bupati Fauzi dan Kapolres Sumenep AKBP Darman, hadir dalam apel tersebut Dandim 0827 Sumenep Letkol Inf Nur Cholis, Kajari Sumenep Adi Tyogunawan, dan Ketua PN Sumenep Arie Andhika Adikrisna.

Hadir pula sejumlah kepala OPD, KSOP Kalianget Nanik Tri Suryani, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi diwakili Imamullah, Ketua FKUB Sumenep KH. Machfud Rahman, Senkom diwakili Moch Hasan, Kemenag Sumenep diwakili H.M. Rifa’i Hasyim, Ketua Organda Sumenep RB Agoes Irianto, dan Ketua PA diwakili Laseman.

Baca Juga:  Di Sumenep Nenek Sebatang Kara Sulit Dapat Bantuan, Kades Setempat: 'Dia Masih Mampu Menghidupi Dirinya Sendiri'

Leave a Reply