Dishub Probolinggo Beri Pelatihan APAR Terhadap 55 Petugas

PROBOLINGGO, SUARABANGSA.co.id – Sebanyak 55 petugas piket dan perwakilan masing-masing bidang yang ada di Dishub Probolinggo mendapatkan pelatihan pemakaian APAR (Alat Pemadam Api Ringan), Senin (12/4/2021).

Selama pelatihan tersebut, mereka dipandu oleh petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo mulai dari penggunaan APAR hingga tata cara mengatasi apabila terjadi kebocoran tabung gas LPG.

Selain petugas piket dan perwakilan bidang, pelatihan pemakaian APAR ini juga diberikan kepada eks anggota tim Search and Rescue (SAR) dan petugas Balai Uji Kendaraan Bermotor Dishub Kabupaten Probolinggo.

“Petugas yang ada Balai Uji Kendaraan Bermotor ini penting untuk bisa memahami tata cara penggunaan APAR. Sebab di Balai Uji ini mengingat semua kendaraan yang diuji memakai bahan bakar rawan kebakaran. Apalagi terjadi korsleting listrik mereka bisa langsung dapat memadamkan apinya dan tidak panik,” kata Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto melalui Sekretaris Dishub Tatok Krismarhento.

Menurut Tatok, pelatihan pemakaian APAR ini bertujuan sebagai antisipasi penanggulangan bencana kebakaran di lingkungan unit kerja kantor Dishub Kabupaten Probolinggo.

“Harapannya teman-teman yang sudah dilatih ini tidak ragu dan bingung ketika terjadi kebakaran,” harapnya.

Dengan adanya pelatihan pemakaian APAR ini Tatok mengharapkan bisa menjadi garda terdepan dan bisa memberikan pertolongan pertama bila ada musibah kebakaran.

“Mudah-mudahan staf yang telah dilatih dapat memanfaatkan alat yang ada serta mampu berbuat dalam menanggulangi bencana kebakaran di tempat kerja,” pungkasnya.

Ubaidillah

Baca Juga:  Awas, Polres Sumenep Akan Bubarkan Hajatan yang Ada Hiburannya

Leave a Reply