Pastikan Vaksin Covid-19 Aman, Wakil Bupati Sampang Jalani Vaksinasi Kedua

SAMPANG, SUARABANGSA.co.id — Wakil Bupati Sampang H Abdullah Hidayat menjalani vaksinasi Covid-19 tahap kedua, setelah 14 hari lalu atau tepatnya pada Kamis (28/01/2021) telah melaksanakan vaksin pertama di Pendopo Trunojoyo Bupati Sampang, Jalan Wijaya Kusuma, Sampang.

Berdasarkan pantauan suarabangsa.co.id dilokasi, pemberian vaksin tahap kedua yang dihelat di Puskesmas Kamoning tersebut turut melibatkan Ketua PCNU Sampang, Kepala Kejaksaan Negeri Sampang, Ketua Pengadilan Negeri, Anggota DPRD serta Ketua Karang Taruna.

Vaksinasi diberikan melalui suntikan intramuskular (injeksi) di bagian lengan kiri atas dengan menggunakan alat suntik sekali pakai atau Auto Disable Syringes (ADS) dengan pemberian jeda 14 hari, sesuai petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan RI.

H Abdullah Hidayat memastikan vaksin Covid-19 aman dan halal untuk digunakan. Masyarakat di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur diminta untuk tidak khawatir dengan keamanan vaksin buatan China itu.

“Vaksin ini telah melalui berbagai tahap sebelum digunakan. Jadi aman dan halal. Oleh karena itu masyarakat tidak perlu khawatir,” kata Haji Ab sapaan akrabnya selepas disuntik vaksin tahap kedua pada Kamis (11/02/2021).

Haji Ab menjelaskan pelaksanaan vaksinasi kepada para tokoh publik di kabupaten berjuluk Bumi Bahari, dapat meyakinkan masyarakat bahwa vaksin Covid-19 aman dan halal.

“Tak hanya tokoh publik, proses ini juga dilanjut kepada tenaga kesehatan. Dan setelah itu, vaksinasi akan dilanjutkan kepada pelayan publik, baru kemudian giliran masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, proses pelaksanaan vaksinasi tahap kedua di Kabupaten Sampang ini sesuai dengan intruksi dari Kementerian Kesehatan.

“Proses vaksinasi ini memang ada tahap pertama dan tahap kedua. Kita telah melaksanakan tahap pertama, pelaksanaan tahap kedua pun sebelumnya telah diinformasikan oleh Kementerian Kesehatan terkait nomer vaksin dan tanggal pelaksanaan,” bebernya.

Pada kesempatan tersebut Haji Ab mengungkapkan bahwa setelah menerima vaksinasi, dirinya mengaku biasa-biasa saja dan tidak ada efek yang perlu di khawatirkan.

“Efeknya biasa saja, justru makin percaya diri karena menambah imunitas, tapi kita harus tetap menggunakan protokol kesehatan. Efeknya tidak apa-apa. Jadi semuanya aman. Aman dan halal,” tandasnya.

Baca Juga:  Rumah Sakit Nindhita Sampang Diduga Masih Pungut Biaya Bersalin, Meski Gunakan BPJS

Leave a Reply