1.480 Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Sampang dengan Pengawalan Ketat

SAMPANG, SUARABANGSA.co.id — Sebanyak 1.480 vial vaksin Sinovac tahap pertama sudah tiba di Kabupaten Sampang pada Selasa (26/01/2021) dini hari, sekitar pukul 02.25 WIB. Ribuan vial atau dosis vaksin Covid-19 itu dibawa dengan menggunakan mobil box pendingin PT Biofarma melalui jalur darat dan mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian.

Selanjutnya, vaksin sinovac itu disimpan di gudang farmasi milik Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, disebuah ruangan khusus dengan suhu sesuai dengan standar dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang Agus Mulyadi membenarkan vaksin Covid-19 jenis sinovac sudah diserahterimakan Pemprov Jawa Timur kepada Pemkab Sampang.

“Benar, Sampang sudah menerima penyerahan vaksin Covid-19 Sinovac, sekarang sudah berada di gudang Farmasi dengan penjagaan ketat,” kata Agus saat dikonfirmasi melalui sambungan WhatsApp.

Menurutnya, vaksin itu rencananya akan di distribusikan pada Kamis tanggal 28 Januari 2021. Ia juga menjelaskan, 1.480 vaksin tersebut diberikan kepada 10 orang pimpinan pejabat Kabupaten Sampang dan 2.116 petugas medis yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan.

“Tahap awal ini sebanyak 1.480 dosis vaksin yang bakal dipergunakan untuk 10 orang dari unsur pimpinan pejabat dan akan dilanjutkan untuk sejumlah tenaga kesehatan,” ungkap dia.

Ia berharap melalui upaya vaksinasi ini mampu menekan angka kasus Covid-19 di Kabupaten Sampang. Meski demikian, pihaknya tetap meminta masyarakat untuk selalu patuh protokol kesehatan 5M yang meliputi mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, meski telah dilakukan vaksinasi.

“Penerapan protokol kesehatan dinilai masih menjadi cara paling efektif untuk mencegah covid-19,” tandasnya.

Baca Juga:  Pesta Narkoba, Dua Pria dan Satu Wanita Ini Digelandang Polisi

Leave a Reply