Traffic Light Tak Berfungsi, Satlantas Polres Sampang Atur Lalin Antisipasi Kemacetan

SAMPANG, SUARABANGSA.co.id — Aparat kepolisian dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sampang begitu sigap dan segera turun ke lapangan demi mengantisipasi kemacetan serta kecelakaan lalu lintas, akibat tidak berfungsinya traffic light atau rambu lampu merah di persimpangan jalan Panglima Sudirman, Kecamatan Sampang.

Pantauan suarabangsa.co.id dilokasi meski kondisi cuaca sedang gerimis, aparat kepolisian tampak sibuk mengatur arus kendaraan agar tidak tersendat karena gangguan lampu lalu lintas tersebut. Selain itu, petugas juga memberikan imbauan agar pengguna jalan berhati-hati dan mematuhi aturan lalulintas selama perjalanan.

Kasatlantas Polres Sampang, AKP Ayip Rizal dikonfirmasi melalui Kanit Turjawali Ipda Sujiono mengatakan, pengaturan lalu lintas ini untuk mengatur pergerakan kendaraan agar dapat bergerak secara bergantian sehingga tidak saling mengganggu antar arus yang ada.

“Masyarakat kita seperti itu, apabila lampu lalu lintas padam, semua pengendara mau menang sendiri yang mengakibatkan terjadi kemacatan makanya kita lakukan pengaturan. Ini untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi para pengendara,” kata Sujiino pada awak media, Senin (04/01/2021).

Penyiagaan personel itu, kata Sujiono, juga untuk menghindari ‘crossing’ antar sesama pengguna jalan sehingga kemacetan dan kesemrawutan dapat dihindari. Mengingat setiap persimpangan tidak menutup kemungkinan terjadi dead lock.

“Makanya begitu lampu lalu lintas padam, kita langsung melakukan pengaturan. Hal ini juga sebagai bentuk pengabdian dan pelayanan Polri bagi masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Sampang,” imbuhnya.

Sebelumnya, kata dia, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan setempat untuk sesegera mungkin melakukan perbaikan terhadap traffic light yang tidak berfungsi akibat dampak banjir dan petir saat hujan beberapa waktu lalu.

“Dishub juga sudah komunikasi dengan teknisi khusus traffic light. Saat ini, teknisinya sudah dalam perjalanan dari Kediri, jadi selama itu arus lalu lintas jadi tanggung jawab kami,” bebernya.

Kepada pengendara, sambung Sujiono, dalam berkendara utamakan keselamatan dan patuhi peraturan lalu lintas.

“Kalau bukan kita yang tertib lalu lintas, siapa lagi. Ayo budayakan tertib berlalu lintas,” pungkasnya.

Baca Juga:  Cukup Bayar 350, Pelanggan Sudah Bisa Nikmati Layanan Plus-plus

Leave a Reply