Wakapolda Jatim Terima Audensi Kepala Kementrian Agama RI Kanwil Jatim

SURABAYA, SUARABANGSA.co.id – Demi mewujudkan keamanan tentang penanganan dan penanggulangan kelompok Radikalisme di wilayah Jawa Timur. Wakapolda Jatim Brigjen Pol Djamaludin, menerima audensi Kepala Kementrian Agama RI Kanwil Jawa Timur dan rombangan.

Audensi ini, Wakapolda Jatim didampingi oleh Direktorat Binmas Polda Jatim, Dir Intel dan Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Jatim, bertempat Di ruang Tribrata Mapolda Jawa Timur, Senin (10/2/2020).

Sebelumnya, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Djamaludin, memperkenalkan Satker yang ada di Polda Jatim. Begitu juga dari Kepala Kementrian Agama RI Kanwil Jawa Timur.

Baca Juga:  Truk Bermuatan Teh Botol Ichi Ocha Terguling

Dalam audensi tersebut, membahas tentang penanganan dan penanggulangan kelompok Radikalisme yang ada di wilayah Jawa Timur. Deredikalisasi ini, langkah yang diambil oleh Kemenag RI Kanwil Jawa Timur.

“Deradikalisasi adalah tindakan preventif kontraterorisme atau stratregi untuk menetralisir paham-paham yang dianggap radikal dan membahayakan dengan cara pendekatan tanpa kekerasan,” ujar Kapala Kemeneg RI Kanwil Jawa Timur Ahmad Zayadi.

Tujuan dari deradikalisasi ini, adalah untuk mengembalikan para aktor terlibat yang memiliki pemahaman radikal untuk kembali kejalan pemikiran yang lebih moderat.

“Terorisme telah menjadi permasalahan serius bagi dunia internasional karena setiap saat akan membahayakan keamanan nasional bagi negara maka dari itu program deradikalisasi dibutuhkan sebagai formula penanggulangan dan pencegahan pemahaman radikal seperti terorisme,” tutup Kapala Kemeneg RI Kanwil Jawa Timur Ahmad Zayadi.

Baca Juga:  Syukuran Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke 65, Kapolda Jatim Berikan Bantuan Sosial

Sedangkan dari Polda Jatim menyampaikan kepada Kepala Kemeneg RI Kanwil Jawa Timur bahwa selama ini Polda Jatim sudah berupaya melakukan pendekatan-pendekatan silaturahmi kepada para tokoh-tokoh agama atau pimpinan pondok pesantren yang ada di Jawa Timur.

“Selain itu Direktorat Binmas Polda Jatim juga melakukan upaya berkerja sama dengan pimpinan pondok pesantren dan memberi penyuluhan kepada para santri tentang Narkoba dan pentingnya menjaga NKRI,” kata Wakapolda Jatim Brigjen Pol Djamaludin.

Pihaknya juga berharap, dengan kerja sama antara Kemeneg RI Kanwil Jatim dan Polda Jatim, semakin memperkuat, upaya-upaya dalam bentuk penyuluhan, terutama dengan Radikalisme dan narkoba.

Leave a Reply