Pemkab Sumenep Segera Cairkan BLT BBM

SUMENEP, SUARABANGSA.co.id – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur akan mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) pada bulan oktober yang akan datang.

Berdasarkan data pada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A), Kabupaten Sumenep ada sekitar 2500 lebih Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang bakal menerima BLT subsidi BBM yang dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumenep.

Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Sumenep, Drs Achmad Dzulkarnain mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten telah menganggarkan Rp 1,5 miliar untuk BLT subsidi BBM bagi masyarakat yang terdampak penyesuaian harga BBM dengan tiga sasaran yakni Nelayan, pelaku UMKM dan tukang ojek.

Baca Juga:  Bupati Sumenep Resmikan Unit Siaga SAR, Tindakan Penyelamatan Diharapkan Lebih Cepat

“Pencairannya tiga tahap, dengan nominal Rp 600.000, jadi akan dicairkan tiga kali, masing masing Rp. 200.000 sekali pencairan,” kata Kadinsos P3A Sumenep Achmad Dzulkarnain, Selasa (13/9/2022).

Sementara untuk pencairannya kata Zul sapaan akrab Kadinsos P3A Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan langsung masuk ke rekening penerima dan bisa dicairkan sendiri tanpa melalui perantara.

“Uangnya nanti langsung masuk rekening penerima, kita sudah siapkan rekeningnya beserta kartu ATM untuk memudahkan para penerima manfaat,” ucapnya.

Terkait sasaran, Dinsos P3A telah menerima data penerima dari masing masing OPD pengampu, dengan data tersebut Dinsos lalu menyesuaikan untuk menjadi calon penerima, lalu kemudian dimutakhirkan sebagai penerima manfaat.

Baca Juga:  Wanita Cantik Ini Bisnis Barang Haram, Endingnya Menyedihkan

“Kalau nelayan datanya kita dapat dari Dinas Kelautan, untuk UMKM, pedagang rujak, penjual pentol dan bakso dari Diskop UMKM, sedangkan tukang ojek datanya kita dapatkan dari Dinas Perkimhub,” terangnya.

Disinggung jika ada pihak ketiga atau orang lain yang ikut campur dalam pencairan BLT subsidi BBM tersebut, Kadisos P3A dengan tegas mengatakan tidak bisa.

“Jika dibawah ditemukan ada oknum yang ikut atau melakukan pemotongan dan sebagainya terhadap pencairan BLT Subsidi BBM Pemkab ini, silahkan langsung dilaporkan. Tidak usah takut,” tukasnya.

Baca Juga:  Lama Jadi DPO Warga Dungkek Ditangkap di Jakarta
Temukan Kami: