Ikan Paus Tutul Terdampar di Pesisir Banyuwangi

Ikan paus yang terdampar di perairan Ngagelan Banyuwangi (Ist)

BANYUWANGI, SUARABANGSA.co.id – Seekor ikan besar terdampar di perairan Banyuwangi. Hiu Paus berukuran panjang sekitar 5 meter ini ditemukan petugas Taman Nasional Alas Purwo, di Perairan Ngagelan, 100 meter barat Pantai Trianggulasi, Kecamatan Tegaldlimo, Sabtu (06/08/2022), sekitar Pukul 05.30 WIB.

Kepala Seksi Pengelola wilayah 1 Balai Taman Nasional Alas Purwo Probo Wresniaji membenarkan temuan ikan besar tersebut.

Menurutnya, kondisi ikan hiu bercorak tutul yang terdampar pertama kali ditemukan petugas, kondisi sudah mati.

Ikan besar ini tak dikubur dan dibiarkan di lokasi kata Probo, karena minimnya tenaga, peralatan, dan cuaca yang tak memungkinkan.

Baca Juga:  Perjelas Soal Pokir, AMOS Gelar FGD

Keberadaan bangkai ikan, juga tak menganggu wisatawan, karena lokasinya sangat jauh dengan permukiman dan lokasi wisata.

“Kondisi ikan sudah mulai membusuk, menjadi santapan satwa pemakan bangkai seperti biawak, burning, dan satwa lain,” jelas Probo, Selasa (09/08/2022).

Sebelumnya, ikan besar jenis Paus Sprema juga ditemukan terdampar di Perairan Banyuwangi, tepatnya di Perairan Bulusan dekat Dermaga Cinta, Kecamatan Kalipuro. Ikan yang memiliki berat badan kurang lebih 30 ton, panjang sekitar 20 meter ini pertama kali dilihat nelayan dalam kondisi hidup, Senin (01/08/2022), siang.

Baca Juga:  Kecelakaan di Suramadu, Warga Bangkalan Patah Tulang

Namun malamnya, sekitar Pukul 22.00 WIB, ikan besar itu mati. Petugas pun langsung melakukan evakuasi untuk menguburkan bangkai mamalia ini.

Leave a Reply