Peringati Hari Mangrove Sedunia, KPMM Bersama UIM Tanam Ratusan Bibit Mangrove

PAMEKASAN, SUARABANGSA.co.id – Peringati hari Mangrove sedunia, Komunitas Peduli Mangrove Madura (KPMM) lakukan penanaman bibit pohon Mangrove, di Pantai Talang Siring pada Minggu (24/07/2022) sore.

Bekerjasama dengan Hima Prodi Agrobisnis Perikanan, KPMM menanam ratusan bibit pohon Mangrove.

Endang Tri Wahyuni Ketua KPMM dalam sambutannya mengatakan, sebenarnya hari Mangrove sedunia jatuh pada tanggal 26 Juli mendatang, akan tetapi dirinya melaksanakan penanaman hari ini, karena menurutnya, dirinya mengikuti lokasi dan pasang surut air laut.

“Sehingga kegiatan penanaman ratusan bibit pohon Mangrove ini bisa dilakukan hari ini,” ucapnya.

Dirinya juga menambahkan jika hari ini, dirinya bersama rombongan KPMM bukan hanya sekedar menanam bibit pohon Mangrove saja, akan tetapi juga melakukan MoA dengan Hima Agrobisnis Perikanan Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan. Yang sebelumnya juga telah dilakukan MoU.

Baca Juga:  Jalan Gelap, Motor dan Mobil Suzuki APV di Sampang Adu Banteng

“Ini adalah sebuah kebanggaan bagi kami, terutama kepada para mahasiswa yang memiliki kepedulian tinggi untuk menjaga Mangrove. Oleh karena itu, hari ini adalah merupakan momentum yang luar biasa dan jangan sampai kita lupakan,” tutur Endang.

Endang juga menyampaikan terima kasih kepada Tim KPMM yang selalu solid dan kompak.

“Terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu, hingga acar ini berjalan dengan sukses dan lancar, mudah-mudahan bibit pohon Mangrove yang kita tanam ini, bisa hidup dan nantinya bisa menjaga ekosistem laut,” imbuhnya.

Baca Juga:  Gandeng TNI, Lapas Kelas IIB Padang Sidempuan Grebek Blok Hunian 

Sementara itu perwakilan dari Cabang Dinas Perhutanan Wilayah Sumenep Dedy Bagus Wardhana dalam sambutannya mengatakan, bahwasanya kegiatan penanaman bibit pohon Mangrove hari ini merupakan sebuah kegiatan nyata, yang sudah dilakukan oleh KPMM beserta rombongan lainnya.

Karena menurut Deddy, dalam setiap kegiatan atau peringatan suatu hal, itu harus bisa memberikan aksi nyata, dan yang terpenting dan bahkan sering terlupakan adalah, ketika sudah menanam tapi kita lupa untuk merawatnya.

“Harapannya setelah acara penanaman ini adalah, ketika esok hari, bulan dan tahun depan, sudah terlihat hasil dari yang kita tanam. Alangkah baiknya pohon yang kita tanam kita ingat-ingat, setelah itu kita bisa merawatnya hingga tumbuh besar nanti,” paparnya.

Leave a Reply