Pemkab Probolinggo Lakukan Optimalisasi Layanan Adminduk

PROBOLINGGO, SUARABANGSA.co.id – Pemerintah Kabupaten Probolinggo melaksanakan giat untuk mengoptimalkan layanan administrasi kependudukan (Adminduk) kepada masyarakat dengan menggunakan microtic yang sudah di install di semua desa khususnya di Kecamatan Pajarakan.

Hal tersebut disampaikan Camat Pajarakan Rachmad Hidayanto dalam kegiatan rapat koordinasi dan sinergi perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pemerintahan dengan perangkat daerah dan instansi vertikal terkait dalam rangka pembinaan administrasi kependudukan, di Kantor Kecamatan Pajarakan.

“Hal ini bertujuan untuk lebih mendekatkan pelayanan publik ke warga masing-masing desa serta untuk memberikan pelayanan prima dengan tema Pemerintah Desa Berakhlak,” katanya.

Baca Juga:  Bakesbangpol Probolinggo Berikan penyuluhan Tentang Narkoba

Selain Rachmad juga menghimbau kepala desa untuk mampu menggerakkan petugas Pemungut Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) desa agar kewajiban warga membayar PBB tidak melampaui batas jatuh tempo PBB yaitu pada bulan September 2022.

“Harapannya semua desa di Kecamatan Pajarakan bisa lunas PBB 100 persen sebelum jatuh tempo,” harapnya.

Menurut Rachmad, kegiatan rakor dan sinergi ini bertujuan untuk mengoptimalkan kembali layanan publik di tingkat desa. Yakni semua pelayanan adminduk harus selesai di tingkat desa meliputi pembuatan KK, SKCK, KIA, Akte Kelahiran dan Akte Kematian dan lain sebagainya, kecuali rekam baru KTP elektronik.

Baca Juga:  Sat PJR Ditlantas Polda Jatim 'Plototi' Simpang Tiga Rel KA Singosari Malang

“Selain itu, optimalisasi pelayanan setoran PBB oleh petugas Pemungut PBB Desa,” tegasnya.

Kegiatan rakor dan sinergi yang dihadiri oleh Forkopimka dan seluruh Kasi Kecamatan Pajarakan ini diikuti oleh kepala desa, sekretaris desa, bendahara desa dan Operator Layanan Adminduk Desa se-Kecamatan Pajarakan.

Leave a Reply