Pemkab Pamekasan Jalin Kerjasama dengan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut Surabaya

PAMEKASAN, SUARABANGSA.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, kembali menjajal sebuah kemitraan dalam meningkatkan bidang pendidikan di wilayah setempat, khususnya pasca jalinan kerjasama dengan Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya.

Kali ini giliran Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Surabaya, di mana perwakilan dari lembaga pendidikan tersebut berkunjung ke rumah dinas Bupati Pamekasan, di Jl Pamong Praja Nomor 1 Pamekasan, Selasa (12/7/2022) kemarin.

Dalam kunjungan jajaran pejabat STTAL Surabaya, ditemui langsung oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tamam bersama Wakil Bupati Fattah Jasin, serta sejumlah jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Pamekasan.

Sementara rombongan STTAL Surabaya, dipimpin Laksamana Pertama TNI Dr Mukhlis, bersama sejumlah pejabat struktural di instansi yang dipimpinnya.

“Kunjungan kerja ini merupakan silaturrahmi awal terkait program Pengabdian kepada Masyarakat (program KKN) para mahasiswa STTAL, yang direncakan digelar di Pamekasan,” kata Komandan STTAL Surabaya, Laksamana Pertama TNI Dr Mukhlis,

Baca Juga:  Aliansi Suporter Pamekasan Bersama TNI-POLRI Gelar Doa Bersama, Bentuk Solidaritas Tragedi Kanjuruhan Malang

Program pengabdian masyarakat atau yang biasa disebut Kuliah Kerja Nyata (KKN) tersebut, merupakan tuntutan sekaligus kewajiban bagi mahasiswa STTAL Surabaya, dalam rangka melaksanakan Tri Dharma perguruan Tinggi. “Dipilihnya Pamekasan sebagai lokasi KKN, karena kami menilai daerah ini memiliki pesisir wilayah yang merupakan daerah potensi maritim,” ungkapnya.

Terlebih progam tersebut juga berorientasi pada berbagai hal yang nantinya dapat disinergikan dengan beragam program Pemkab Pamekasan.

“Saat ini kami juga mendapat program yang selaras dengan program Gubernur Jatim, terkait Kampung Pintar. Jadi kami berupaya mendistribusikan mahasiswa kami dalam rangka menyampaikan materi sesuai dengan bidangnya,” imbuhnya.

“Kalau diperlukan pembinaan Bahasa Inggris, kita juga bisa, teknik elektro, teknik mesin, intrografi dalam rangka pertahanan laut, juga bisa melaksanakan kegiatan selain yang bisa dilakukan, misalnya kerjabakti. Oleh karena itu kedatangan kami kini sekaligus menggali nanti kira kira ada program apa yang mungkin bisa kita kerjasamakan bersama,” sambung Dr Mukhlis.

Baca Juga:  Seorang Pelajar di Kangean Diringkus Polisi Saat Diketahui Membawa Narkoba Jenis Sabu

Sementara Bupati Baddrut Tamam menyambut baik, sekaligus menyampaikan terima kasih atas kepercayaan STTAL Surabaya, yang menempatkan mahasiswa untuk melaksanakan program pengabdian di Pamekasan.

“Lebih dari itu, kami juga membuka kemungkinan untuk bermitra di bidang lain, misalnya mahasiswa STTAL didatangkan untuk memberikan informasi ke SLTA favorit di Pamekasan, tentunya melalui kerjasama dengan Pemkab Pamekasan,” kata Baddrut Tamam.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan sempat berkunjung untuk membangun kemitraan dengan Polda Jatim, Akademi Militer (Akmil), Angkatan Laut (AL), Angkatan Udara (AU).

“Tapi peminat untuk AL dan AU di Pamekasan, relatif sangat sedikit. Yang banyak di kepolisian, kedokteran, STPDN, Akpol (Akademi Polri) dan Akmil,” jelasnya.

Baca Juga:  PKK Desa Samiran Pamekasan Rutin Silaturrahim Dengan Dasawisma

“Bahkan pada tahun 2023 mendatang, kami akan melakukan penguatan lagi, anak anak SMA dan sederajat yang mau daftar di Akmil, Akpol selama kelas 3 sudah akan kita latih kerjasama antara Pemkab dengan Kepolisan dan Kodim akan dilatih. Sudah kita persiapkan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, STTAL merupakan salah satu sekolah dinas yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut yang didirikan sejak tahun 1966. Lembaga ini merupakan badan pelaksana pemerintah pusat dalam rangka mendidik para bintara maupun perwira, baik dalam strata D3, S1 dan S2. Ada rencana membuka S3, lingkup siswanya hanya dari TNI.

Leave a Reply