Pemkab Sumenep Fasilitasi Pelaku Usaha Menengah dengan Pembukaan Mall UMKM

SUMENEP, SUARABANGSA.co.id – Permudah para pelaku UMKM memasarkan produknya, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, membuka Mall UMKM, Senin (27/06/2022).

Mall UMKM tersebut sebagai salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Sumenep mempermudah para pelaku UMKM di Kabupaten Sumenep.

Mall UMKM ini tepat berada di depan Keraton Sumenep yang selalu ramai dengan wisatawan. Mall UMKM ini dibuka langsung oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi

Dengan keberadaan pusat oleh-oleh khas Sumenep ini, Pemerintah Daerah ingin terus mendorong agar UMKM Sumenep semakin maju dan bersaing dengan produk atau industri lain.

Baca Juga:  Pendapatan Merosot, Pedagang Sembako di Torjun Sampang Mengeluh

Nantinya, seluruh produk UMKM Sumenep, mulai dari makanan, jamu, kerajinan ukiran, batik hingga keris, akan tersedia di mal ini. Sehingga masyarakat yang berkunjung ke Sumenep tak kesulitan untuk mendapatkan oleh-oleh khas Sumenep.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengatakan bahwa Mall UMKM ini sebagai langkah awal agar produk UMKM Sumenep bersaing di pasaran.

Nantinya produk yang masuk dalam mal ini akan diseleksi untuk bisa naik kelas dipasarkan di tingkat nasional bahkan ekspor.

“Produk-produk UMKM kita yang awalnya di sini, nanti akan kami inventarisir untuk naik kelas ke gedung Halalhub di Tajamara itu. Agar bisa diekspor ke luar negeri,” katanya.

Baca Juga:  Pemerhati Ekonomi Kerakyatan: Minimarket Menggurita, Pemerintah Perlu Menata

“Harapan saya, mal UMKM ini berfungsi. Baik secara ofline maupun online. Pengelolanya juga harus selalu berkoordinasi dengan pengelola Halalhub agar produk UMKM ini bisa dipaparkan di marketplace lain, baik nasional maupun internasional,” tambah dia. (*)

Leave a Reply