Manfaatkan Panas Bumi, Bakal Ada PLTP di Ijen, Ini Harapan Wabup Bondowoso

Rapat antara Pemkab Bondowoso dengan PT Medco Cahaya Geothermal tentang PLTP di Ijen.

BONDOWOSO, SUARABANGSA.co.id – Di Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso akan berdiri Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang akan digarap PT. Medco Cahaya Geothermal.

Wakil Bupati Bondowoso H. Irwan Bachtiar Rachmat berharap tinggi pada proyek berbasis energi itu.

Terutama mengenai peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bondowoso dan juga tercukupinya listrik menyeluruh di wilayah Bondowoso.

Pemkab Bondowoso yang dihadiri Wabup Irwan menggelar rapat koordinasi bersama PT Medco Cahaya Geothermal terkait eksplorasi panas bumi di Arabica Homestay Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Kamis (14/4/2022) sore.

Baca Juga:  Launching Penyaluran BLT-Desa 2021, Bupati Sumenep: Bantuan Ini Harus Tepat Sasaran

Irwan optimis, proyek PT Medco itu usai beroperasi dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Tentunya sudah ada kesepakatan, sehingga nanti diharapkan kalau sudah eksploitasi, PAD kita akan semakin meningkat,” harap Wabup Irwan pada media, Kamis (14/4/2022).

Sementara untuk karyawannya, kata Wabup Irwan, akan merekrut dari Sumber Daya Manusia (SDM) Bondowoso.

Sedangkan CSR PT Medco ketika sudah eksplorasi nanti akan diarahkan pada pembangunan infrastruktur di kawasan Ijen.

“Untuk area eksplorasi sendiri harus di areal Bondowoso di Kawah Ijen, tidak boleh di kawan Banyuwangi,” tegas Wabup Irwan.

Baca Juga:  Bupati Salwa Menang Gugatan atas Banyuwangi, Sepertiga Kawasan Kawah Ijen menjadi Hak Bondowoso

Wabup Irwan menuturkan, ketika nanti kesepakatan terkait rekrutmen tenaga kerja akan realisasi, maka anak-anak di Bondowoso dididik menjadi pekerja profesional, seperti yang telah dilakukan di Kabupaten Garut dan semacamnya.

“Untuk dinas yang bertanggung jawab terkait pelatihan itu dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan (DPMPTSP dan Naker) Kabupaten Bondowoso,” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Diskominfo, Bappeda, Kepala BP4D, Staf Ahli Bupati, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLHP) Bondowoso. (awi)

Leave a Reply