Wakil Ketua DPRD Sumenep Minta OPD Maksimalkan Sisa Anggaran

DBHCHT Sumenep

SUMENEP, SUARABANGSA.co.id – Organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur diminta untuk memaksimalkan sisa anggaran.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, Indra Wahyudi.

“Kami tidak ingin anggaran yang bersumber dari APBD 2021 banyak tidak terserap, sehingga ada sisa lebih penghitungan anggaran (Silpa),” jelas Politisi Demokrat tersebut.

Indra menambahkan, Kinerja OPD harus juga ditingkatkan. Dan sejumlah kegiatan baik fisik maupun non fisik yang dianggarkan di APBD 2021 diminta untuk segera dituntaskan agar tidak ada Silpa lantaran tidak terserap.

Baca Juga:  Dua Pemuda Lenteng Diringkus Satreskoba Polres Sumenep, Satu Berstatus Pelajar

“Jangan sampai tahun ini seperti tahun 2020 yang menyisakan banyak anggaran lantaran tidak terserap,” imbuhnya.

Indra menyebutkan, pada tahun sebelumnya masih tersisa silpa mencapai Rp. 400 miliar, karena banyak kegiatan tidak terlaksana.

Padahal menurut Indra badan anggaran DPRD Sumenep seringkali mengingatkan tim anggaran pemerintah daerah agar menggunakan anggaran sesuai dengan rencana dan kegiatan yang ada.

“Masalah klasik seperti tingginya anggaran yang tidak terserap setiap akhir tahun, tidak boleh terulang di tahun ini,” pintanya.

Baca Juga:  Komisariat PMII STAIM Tarate Gelar Acara MAPABA, Ini Harapan Ketua Cabang PMII Sumenep

Saat ini masih ada sisa waktu untuk menuntaskan kegiatan prioritas yang bersumber dari APBD 2021.

“Penyerapan anggaran juga menjadi bagian penting untuk memacu pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi seperti sekarang ini,” ucapnya.

Indra juga meminta pekerjaan yang dikerjakan akhir tahun jangan asal-asalan, kualitas pekerjaan harus tetap dijaga. Jangan terkesan hanya kerja tayang agar selesai tepat waktu.

“OPD harus melakukan pengawalan, pastikan pekerjaannya sesuai ketentuan dan spesifikasi yang ditentukan,” pungkasnya.

Leave a Reply