Khofifah Minta Warga Sekitar Gunung Semeru Evakuasi Diri

DBHCHT Sumenep

SURABAYA, SUARABANGSA.co.id – Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur erupsi, Sabtu (4/12/2021). Gubernur Khofifah Indar Parawansa pun meminta warga sekitar letusan agar segera mengevakuasi diri ke tempat aman.

“Video serupa saya terima dari Bupati Lumajang, BPBD dan masyarakat sekitar. Saat ini sedang terjadi peningkatan aktivitas Gunung Semeru. Mohon masyarakat terdekat dapat mengevakuasi agar aman selamat,” pinta Khofifah melalui instastory akun Instagram miliknya.

Mantan Menteri Sosial itu menegaskan, jika petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang maupun Provinsi Jawa Timur sudah bergerak ke lokasi bencana. Dan nanti, dirinya beserta rombongan akan menyusul untuk meninjau wilayah terdampak.

Baca Juga:  Rampas Truk Pengangkut Kayu, Pria Dapat Ganjaran

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, Warga Berhamburan Mengungsi

“Insya Allah malam ini saya ke lokasi, mohon ikhtiar dan doa mugi selamat sedoyo,” tandasnya.

Seperti diketahui, Gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut meletus sekitar pukul 15.00 WIB. Akibat letusan itu, warga sekitar berlarian panik untuk menyelamatkan diri. Tak hanya itu, erupsi juga menyebabkan dua kecamatan di Kabupaten Lumajang gelap gulita diselimuti abu vulkanik. Yakni, Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro.

Leave a Reply