Dapat Penghargaan APE, Bupati Sumenep: Ini Harus Terus Dipertahankan

DBHCHT Sumenep

SUMENEP, SUARABANGSA.co.id – Sebagai Kabupaten paling ujung di Pulau Madura, Kabupaten Sumenep juga tidak lupa dan terus melakukan giat-giat dalam melaksanakan program pemberdayaan perempuan dan juga kesetaraan gender.

Terbukti, Kabupaten Sumenep mendapat penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020, tentunya penghargaan tersebut akan semakin menambah semangat serta menjadi motivasi Pemerintah Daerah untuk selalu melaksanakan program-program yang melibatkan perempuan.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengungkapkan, bahwa penghargaan ini akan semakin mendorong Pemerintah Daerah dan juga masyarakat untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan guna mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender di Kabupaten Sumenep.

Baca Juga:  Dua Pengguna Narkoba Asal Gadel Timur Diamankan Polsek Tandes Surabaya

“Yang jelas, prestasi ini harus meningkatkan komitmen seluruh elemen di daerah untuk mengembangkan pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak,” ungakap, Kamis (14/10/2021).

Selain itu, lanjut Politikus PDIP itu, bahwa hal seperti ini harus dipertahankan, ditambah lagi Pemerintah Daerah harus terus mewujudkan keikutsertaan perempuan dalam menggali potensi yang dimiliki.

“Tentu saja, Pemerintah Kabupaten Sumenep setelah mendapatkan penghargaan APE, terus berupaya mewujudkan kesetaraan gender melalui Pengarusutamaan Gender (PUG) agar berkiprah dalam pembangunan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Sempat Kabur, DPO Kasus Curwan di Sumenep Ini Meringkuk di Penjara

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sumenep juga turut mengapresiasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yang menginisiasi diselenggarakannya APE, bahwa menurutnya hak tersebut sebagai salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender.

“Alhamdulillah, Pemerintah Kabupaten Sumenep bisa meraih Penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tahun 2020 katagori Madya, bahkan juga mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak peringkat Pratama tahun 2021,” jelasnya.

Sementara Pelaksana Tugas (PIt) Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Sumenep, Kadarisman turut mengungkapkan, pemberian penghargaan APE tahun 2020 terdiri dari 4 tingkatan, yang pertama adalah Pratama, yang kedua Madya, ketiga Utama, dan keempat tingkat Mentor.

Baca Juga:  Polres Sumenep Himbau Agar Tunda Pesta Pernikahan, Kapolres: Jika Masih Bandel Kita Bubarkan

“Kabupaten Sumenep tahun 2020 memperoleh penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat Madya, jadi naik satu tingkat dari penghargaan sebelumnya,” pungkasnya.

Leave a Reply