Pakai Dana DBHCHT, Pemkab Pamekasan Berikan 20 Paket Mesin Rajang Bagi Petani

DBHCHT Sumenep

PAMEKASAN, SUARABANGSA.co.id – Sebanyak 20 Paket Mesin Rajang diberikan kepada Petani di Pamekasan, oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pamekasan, Senin (6/9/2021) pagi.

Pemberian bantuan mesin Rajang tersebut dilakukan di Balai Penyuluhan Pertanian yang terletak di Desa Sumedangan, Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan Madura Jawa Timur.

Bantuan mesin yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) diserahkan kepada 20 kelompok tani (Poktan) yang ada di Kabupaten Pamekasan secara cuma-cuma.

Kepala DKPP Pamekasan Ajib Abdullah mengatakan, bahwa untuk tahun 2021 ini, pemerintah daerah telah memfasilitasi petani tembakau dengan memberikan bantuan alat mesin rajang.

Baca Juga:  Respon Cepat, Pimpinan BANI Group Bantu Siswi SD di Pamekasan yang Butuh HP

“Tujuannya untuk mengurangi biaya produksi dengan memberi bantuan alat rajang, dengan rincian satu set terdiri mesin rajang, jenset dan alat pengangkut,” ucap Ajib Abdullah setalah menyerahkan bantuan mesin rajang kepada perwakilan Poktan secara simbolis.

Dirinya juga menyebut, pihak kelompok petani (Poktan) boleh menyewakan mesin rajang tembakau tersebut kepada para petani lainnya, selagi mesin tersebut tidak dipakai oleh anggota kelompok. Akan tetapi, jika anggota kelompok membutuhkan, utamakan kepentingan kelompok.

“Memang karena keterbatasan mesin Rajang yang ada, kadang-kadang disewakan, itu boleh dengan catatan kalau kelompok itu sendiri sudah tertangani. Tetapi kalau masih kelompok itu masih membutuhkan maka harus diprioritaskan,” sebutnya.

Baca Juga:  Target 24 Mei Selesai, Hingga Hari Ini 35 Desa di Sampang Belum Salurkan BLT-DD

Ajib juga menambahkan, setelah Poktan menerima alat tekhnologi tepat guna, nantinya akan diundang dalam acara pertemuan. Tujuannya, memberikan pencerahan seberapa besar manfaat mesin tersebut.

“Karena alat tekhnologi tepat guna artinya tekhnologi yang disesuaikan dengan kondisi di lapangan,” katanya.

Dirinya juga berharap kepada kelompok Petani agar bantuan yang telah diterima, benar-benar bermanfaat dan digunakan dengan sebaik mungkin.

“Kami juga menghimbau supaya alat ini tidak dijual belikan. Bantuan ini merupakan hibah dari Pemkab Pamekasan untuk digunakan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya,” harapnya.

Sementara itu, perwakilan Poktan, Ali Makki mengaku sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemkab Pamekasan.

Baca Juga:  Polres Pamekasan Pastikan Disabilitas yang Mau Divaksin Akan Dijemput Petugas

Menurutnya, bantuan yang diberikan secara cuma-cuma kepada petani sangat besar kegunaannya di tangan petani.

“Saya mendapat bantuan rajang ini melalui sekolah lapang, jadi kami haturkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada pak kadis KPP, Ajib Abdullah,” tukasnya.

“Dengan adanya bantuan mesin Rajang ini, sangat membantu serta memudahkan kami para petani dalam mengais rezeki,” ucap Makki.

Leave a Reply