Anggota DPR RI dan Ketua RKIH Pamekasan Apresiasi Kelompok Tani Rahayu

PAMEKASAN, SUARABANGSA.co.id – Kelompok Tani Rahayu yang bergerak di peternakan sapi potong, terletak di Desa Samatan Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan Madura melakukan MoU dengan PT Golay Tani Indonesia, Kamis (31/03/2021).

M. Tamyis Kepala Desa Samatan mengatakan, dirinya bersama anggota tani yang tergabung dalam kelompok Rahayu Desa Samatan, berterimakasih kepada seluruh intansi pemerintah setempat dan pihak PT. Golay Tani Indonesia, yang telah bekerjasama dan membantu dalam mengembangkan serta meningkatkan produksi sapi potong di wilayah Pamekasan.

“MOU Kemitraan ini dilakukan untuk meningkatkan kwalitas sapi potong dalam mensukseskan swasembada daging sapi nasional,” kata Tamyis.

Pihaknya akan terus melakukan kerjasama dengan beberapa instansi, dalam hal pakan dan segi pemasaran agar kedepannya lebih baik.

“Bagaimana kedepan, kita bisa merubah menset petani dari pola tabungan menjadi pola bisnis,” tuturnya.

Disisi lain, Anggota DPRRI Slamet Riadi saat menghadiri acara tersebut mengapresiasi dengan adanya kegiatan itu, pihaknya mengajak bagaimana pertanian disektor peternakan diminati dan disukai oleh generasi petani muda, dalam rangka membantu meningkatkan sumber daya.

“DPR RI sebagai wakilan rakyat, siap mengawal dan menjadi mitra, bagaimana suksesnya program pemerintah kabupaten Pamekasan ini sama juga dengan visi misi di komelisi IV dalam hal menumbuhkan dan meningkatkan sumberdaya,” ungkap Slamet Riadi.

Kepala Desa Samatan juga mendapat apresiasi dari ketua Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) Pamekasan yaitu Haji Muhammad Muhsin, yang mana menurutnya, kelompok tani Rahayu ini sebagai pelopor diindustri ternak, bukan sekedar usaha kecil, melainkan sebuah industri.

Sehingga akan terjadi swasembada sapi, sehingga pasokan sapi Madura terpenuhi, serta menguntungkan, dan bisa menambah penghasilan, mengurangi pengangguran juga sangat bermanfaat terhadap industri pertanian.

“Apalagi tekhnik dan caranya nyaris sempurna, sehingga bisa diikuti oleh kades lainnya,” ujar Muhsin.

M. Muhsin juga mengatakan bahwa kelompok tani Rahayu nanti bisa dikembangkan lebih besar dan meluas lagi. Tidak hanya Sapi dan Kambing, akan tetapi bisa ditambah dengan beternak unggas.

“Bisa dengan beternak Bebek, Ayam, dan lainnya,” ucap Muhsin.

Baca Juga:  Gubernur Jatim Tinjau Pelabuhan Dungkek,  Ekonomi Masyarakat Diharapkan Meningkat

Leave a Reply