Kades Prajjan Camplong Kerahkan Warga Gotong Royong Bersihkan Saluran Tersumbat

SAMPANG, SUARABANGSA.co.id — Sejumlah warga Desa Prajjan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, melakukan kerja bakti untuk membersihkan saluran di lingkungan permukiman di desa setempat.

Pantauan suarabangsa.co.id, gotong royong itu dipimpin langsung Kepala Desa Prajjan. Tampak dilokasi saluran irigasi, para warga membawa berbagai perlengkapan seperti cangkul, skop, parang dan keperluan lainnya untuk membersihkan saluran irigasi yang kotor serta tersumbat itu.

Kepala Desa Prajjan Muwehid mengatakan, aksi bersih-bersih saluran di permukiman warga ini sebagai upaya mengatasi persoalan genangan yang dipicu oleh saluran tersumbat.

“Karena drainase ini tidak besar dan berada di pinggir jalan, sehingga warga melakukan pengerukan dengan alat sederhana, agar pengerukan juga bisa segera selesai dan drainase kembali normal,” ujarnya, Kamis (01/04/2021).

Muwehid menjelaskan, kerja bakti kali ini difokuskan pada pembersihan saluran dan gorong-gorong dari sampah. Melalui cara demikian, saluran diharapkan dapat lebih cepat mengalirkan air dan tidak sampai memicu genangan saat diguyur hujan.

“Sejak pagi tadi kita bersihkan bersama warga. Target kita hari ini seluruh gorong-gorong sudah bebas dari sampah dan lumpurnya kita angkut juga,” tandasnya.

Muwehid juga mengajak warga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona.

Baca Juga:  Jelang Pilkada Serentak Se-Jatim, Polda Jatim Gelar Lomba Peragaan Dalmas Shabara, Wanteror Brimob

Leave a Reply