Dihadiri Arumi Bachsin, Malam Grand Final Kacong Cebbing Sampang 2021 Berlangsung Meriah

SAMPANG, SUARABANGSA.co.id — Pemerintah Kabupaten Sampang melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) menggelar Grand Final Pemilihan Duta Wisata Kacong Cebbing tahun 2021 yang dilaksanakan di GOR Tennis Indoor, Sabtu (20/03/2021) malam.

Pantauan suarabangsa.co.id dilokasi, pemilihan Duta Wisata Kacong Cebbing yang nantinya akan menjadi duta wisata Kabupaten Sampang tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur Hj Arumi Bachsin.

Acara yang diwarnai dengan tarian-tarian tradisional itu dihadiri oleh Kepala Disporabudpar Jawa Timur, Bupati Sampang H Slamet Junaidi, Wakil Bupati H Abdullah Hidayat, Sekdakab H Yuliadi Setiawan, jajaran pejabat setempat, Raka Raki Jawa Timur, Dewan Juri serta 10 pasang finalis Kacong Cebbing.

Bupati Sampang H Slamet Junaidi dalam sambutannya mengatakan, pemilihan duta wisata Kacong Cebbing ini merupakan salah satu upaya menciptakan generasi baru millenial yang hebat bermartabat dan mempunyai daya saing dalam mempromosikan wisata Kabupaten Sampang kepada masyarakat luas.

“Melalui pemilihan duta wisata seperti ini, saya berharap generasi muda semakin memiliki kepedulian tinggi dalam ikut serta mempromosikan potensi wisata Kabupaten Sampang tidak hanya di Jawa Timur namun juga di tingkat Nasional dan Internasional,” jelasnya.

Bupati juga berharap, seluruh peserta Kacong Cebbing agar mengaplikasikan semua ilmu yang diperoleh selama pelaksanaannya. Sebab, peserta Kacong Cebbing tahun ini tidak hanya mengikuti kompetisi untuk menjadi duta wisata Sampang di ajang yang serupa, namun memiliki tanggung jawab moral kepada masyarakat.

“Kacong Cebbing yang terpilih nantinya, mereka bisa eksis untuk mempromosikan pariwisata di Kabupaten Sampang, karena sekarang eranya sudah era pariwisata,” pungkas Politisi Nasdem itu.

Harapan yang sama juga di sampaikan Hj Arumi Bachsin. Ia berharap event pemilihan Kacong Cebbing 2021 bisa melahirkan pemuda dan pemudi yang berkomitmen mencintai kebudayaan serta berpikir tentang masa depan yang baik dan lebih makmur serta sejahtera.

“Mudah-mudahan generasi hebat masa depan lahir dari kabupaten Sampang, Sehingga benar-benar terpilih Kacong Cebbing yang beretika, duta wisata terbaik yang memiliki tanggung jawab sebagai pewaris budaya Madura, khususnya Sampang,” kata istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak tersebut singkat.

Sementara itu, Kepala Disporabudpar H Marnilem bersyukur karena pihaknya bisa menggelar agenda tahunan tersebut secara maksimal meski masih dalam situasi pandemi Covid-19. Hal itu bertujuan untuk pengembangan sektor wisata di Kota Bahari ditengah menggeliatnya sektor pariwisata saat ini.

“Alhamdulillah sudah terlaksana dengan baik. Ini semua karena kekompakan dan kesolidan tim penyelenggara sehingga kami sukses menggelar grand final pemilihan kacong cebbing tahun 2021, semoga ini menjadi awal yang baik untuk pengembangan wisata di Sampang,” tutur Marnilem.

Menurut Marnilem, kacong cebbing memiliki tugas untuk menjadi ikon wisata Kabupaten Sampang. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki tugas untuk mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Sampang.

“Pada dasarnya maksud dan tujuan pemilihan Kacong Cebbing ini untuk mencari generasi muda terbaik Sampang yang merepresentasikan putra putri daerah, serta menjaga dan mempromosikan potensi pariwisata dan budaya daerah,” tandas Marnilem.

Untuk diketahui, dalam malam grand final tersebut, Achmad Faisol dan Azzahra Fima Auliya dinobatkan sebagai Kacong Cebbing Kabupaten Sampang tahun 2021.

Sementara yang menjadi runner-up pertama Rahmat Syafrian H dan Risa Najmi, runner-up kedua Wildan Yudhistira dan Adelia Ayu Susanti. Untuk Kacong Cebbing Favorit diraih oleh Reksi Wahyudi serta Reka Hanivia Dewi, dan Kacong Cebbing Persahabatan jatuh pada M Ghazal Fikri serta Fatimatus Sholehah.

Acara yang merupakan agenda tahunan Pemkab setempat itu dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. (ADV/Dus)

Baca Juga:  Diduga Sopir Mengantuk, Truk Fuso di Sampang Saling Tabrak

Leave a Reply