Slamet Ariyadi Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh Pertanian di Sampang

SAMPANG, SUARABANGSA.co.id — Anggota Komisi IV DPR RI dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Slamet Ariyadi secara resmi membuka bimbingan teknis (bimtek) peningkatkan kapasitas petani dan penyuluh di aula Hotel Wisata Camplong, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Senin (01/03/2021).

Berdasarkan pantauan suarabangsa.co.id dilokasi, kegiatan tersebut digelar bersama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) RI melalui Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu pada Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP).

“Masa depan pertanian ada di generasi milenial, ada di tangan petani-petani muda. Karena lewat merekalah inovasi-inovasi sektor pertanian bisa dihadirkan,” kata Slamet saat membuka acara Bimtek.

Menurut Slamet, peran petani milenial dan penyuluh di bidang pertanian menjadi penting, sebab dianggap memiliki jiwa yang adaptif dalam pemahaman teknologi digital, sehingga tidak terlalu kaku dalam melakukan identifikasi dan verifikasi teknologi.

“JIka ingin pertanian maju, majukan dahulu kualitas SDM. Karena SDM yang berkualitas bisa menghadirkan inovasi dan terobosan-terobosan yang dibutuhkan pertanian,” ungkap Slamet.

Dikatakannya bahwa, keberhasilan suatu bangsa dan negara ditentukan kebangkitan milenialnya. Begitu juga keberhasilan suatu pembangunan pertanian akan terwujud manakala kaum milenialnya bangkit.

“Petani muda milenial memiliki peran penting dalam pembangunan pertanian yang berkelanjutan, saya berharap kedepan petani dan penyuluh jauh lebih semangat dan mampu menjadi ujung tombak terdepan pertanian,” imbuhnya.

Politikus muda itu menegaskan, bimtek membuat pupuk organik ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian petani dan penyuluh akan perlunya penyehatan lahan agar kejadian penurunan kesuburan tanah dapat dicegah, bahkan dapat diperbaiki dimasa mendatang.

“Kegiatan ini sekaligus memberikan gambaran dan contoh kepada penyuluh dan petani di Sampang akan manfaat penggunaan bahan organik bagi penanaman tanaman,” harapnya.

Slamet juga menegaskan bahwa sebagai wakil rakyat, ia berkomitmen untuk terus mengawal program pemerintah yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya petani dan penyuluh diwilayah Dapilnya.

“Bimtek ini adalah salah satu program aksi Komisi IV DPR RI, untuk menjawab berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat petani dan ini adalah kewajiban saya untuk mendukung dan selalu mensupport kegiatan peningkatan pertanian,” pungkasnya.

Hingga berita ini dilansir, giat Bimtek masih berjalan dengan penyampaian materi oleh pihak yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

Baca Juga:  Depresi Ditinggal Istri, Bridin Ditemukan Tewas Mengambang di Sungai Robatal Sampang

Leave a Reply