Intensif Gelar Operasi Yustisi, Petugas Gabungan Beri Sanksi Para Pelanggar Protokol Kesehatan

SAMPANG, SUARABANGSA.co.id — Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 yang masih terus mewabah membuat tim gugus tugas terus berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bekerja sama dengan TNI-Polri dan Dishub semakin aktif dan rutin melakukan operasi yustisi di tempat-tempat kerumunan maupun tempat umum. Bahkan, operasi tersebut berlangsung hingga malam hari.

Berdasarkan pantauan suarabangsa.co.id dilokasi, operasi yustisi tersebut digelar di Taman Bunga, Kecamatan Sampang pada Senin (01/02/2021) sekitar pukul 19.30 WIB. Tak ayal, warga yang tidak memakai masker langsung mendapatkan sanksi dari petugas. Sanksi sosial dalam bentuk hukuman menyanyikan lagu Indonesia Raya maupun melafalkan Pancasila dan membersihkan sampah bagi pelanggar yang tidak membawa e-KTP.

Kabid Penegakan Perda Satpol PP Kabupaten Sampang, A Taufik dikonfirmasi melalui Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP, Mohammad Suharto mengajak kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Sampang dalam beraktivitas di luar rumah untuk selalu menerapkan disiplin protokol kesehatan (prokes).

“Mari kita biasakan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan sehingga dapat menekan dan mengendalikan penyebaran Covid-19,” imbaunya.

Menurutnya, operasi yustisi tersebut untuk menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres), Pergub Jawa Timur dan Perbup Kabupaten Sampang tentang penerapan dalam penegakan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19.

“Yang kita lakukan ini merupakan bentuk dukungan dari Instruksi Presiden tentang penegakan protokol kesehatan saat pandemi. Ini salah satu upaya untuk mendisiplinkan warga agar selalu mematuhi anjuran pemerintah,” terangnya.

Diharapkan dengan upaya mendisiplinkan masyarakat untuk selalu mentaati protokol kesehatan dapat menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Sampang.

“Kami berharap dengan dilakukannya operasi yustisi secara rutin ini, dapat mendorong kesadaran warga dalam menerapkan protokol kesehatan, agar pandemi covid-19 segera berakhir,” tandasnya.

Baca Juga:  Seluruh Kendaraan Dinas Pemkab Sampang Bakal Diperiksa Kelengkapannya

Leave a Reply