Buka FGD, Kapolda Jatim Bacakan Maklumat Kapolri

- Admin

Jumat, 25 September 2020

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SURABAYA, SUARABANGSA.co.id – Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran, M.S,i bersama Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim didampingi Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, membuka Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Bumi, Surabaya, Jum’at pagi (25/9).

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur dan Kasdam V Brawijaya. Selain itu hadir pula dari KPU, Bawaslu, Tim Pemenangan Pilkada dari masing masing Paslon, dan juga 19 perwakilan perserta pilkada dengan menggunakan Video Telekonfrance.

Dalam sambutannya, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol M. Fadil Imran menyampaikan, bahwa Pilkada kali ini dilaksanakan di dalam situasi pandemi covid-19. Ini yang perlu menjadi perhatian semua pihak.

“Kita ketahui bersama pemilihan kepala daerah ini merupakan hak yang dijamin oleh konstitusi sehingga ini harus kita dukung sepenuhnya kami dari POLRI Polda Jawa Timur siap melaksanakan dan mengamankan tahapan Pilkada serentak tahun 2020,” kata Kapolda Dalam Sambutannya.

Baca Juga:  Kapolda Jatim Minta Pelaksanaan Pilkada Serentak Patuhi Protokol Kesehatan

Dirinya berharap dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD). Semua pihak bisa memahami situasi dan kondisi hak dan kewajiban sesuai dengan peraturan sesuai dengan perundang-undangan yang sudah ada, baik itu undang-undang Pemilihan, baik itu undang-undang tentang karantina Kesehatan, baik itu tentang undang-undang wabah penyakit menular, beserta beberapa peraturan peraturan menteri baik Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri serta peraturan yang dikeluarkan oleh penyelenggara Pemilu yaitu peraturan KPU maupun peraturan Bawaslu terkait dengan pelaksanaan Pilkada serentak di masa pandemi covid-19.

“Harapan saya, setelah selesai diskusi ini karena dihadiri oleh para pakar di bidangnya. Mudah-mudahan bisa memberikan pemahaman yang sama. Lami Polri Polda Jawa Timur siap melaksanakan dan mengamankan rangkaian tahapan Pilkada serentak 2020,” tambahnya.

Baca Juga:  Jajaran PTPN X Silaturahim Dengan Kapolda Jatim

Selain membuka Focus Group Discussion (FGD) pada hari ini, Kapolda Jatim juga membacakan Maklumat Kapolri Jendral Polisi Idham Azis, yang berbunyi;

1. Dalam pelaksanaan pemilihan tahun 2020 tetap mengutamakan keselamatan jiwa dengan mematuhi kebijakan dan peraturan pemerintah terkait penanganan pencegahan serta protokol kesehatan covid-19.

2. Penyelenggara pemilihan peserta pemilihan pemilih dan seluruh pihak yang terkait pada setiap tahapan wajib menerapkan protokol kesehatan covid-19 dengan memakai masker mencuci tangan menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

3. Pengerahan massa pada setiap tahapan pemilihan tidak melebihi batasan jumlah massa yang telah ditetapkan oleh penyelenggara pemilihan.

4. Setelah selesai melaksanakan Setiap kegiatan tahapan pemilihan semua pihak yang terlibat dan masyarakat agar segera membubarkan diri dengan tertib tanpa arak-arakan konvoi atau sejenisnya.

Baca Juga:  Upacara Hari Bhayangkara ke 76 di Lapangan Mapolda Jatim, Terpusat Secara Virtual dari Akpol Semarang

Apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan kepolisian yang diperlukan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Sampai dengan hari ini, di Jatim Timur belum menunjukkan tanda tanda akan menurun, setiap hari jumlah terkonfirmasi positif masih kisaran 300 sampai 400 setiap hari. Walaupun upaya penegakan hukum berupa ops yustisi secara masif sudah dilakukan.

Semoga tim pemenangan setiap pasangan calon bisa membantu menurunkan angka positif covid-19, dengan cara komunikasi maupun kolaborasi dengan Polri. Karena masih ada tindakan kerumunan yang dilakukan saat pendaftaran ke KPU maupun saat pengambilan nomor urut pasangan calon.

Berita Terkait

Dari Empat Pilar dan Lembaga Non Government di Bojonegoro Ikuti Seminar HPN
Hendak Salip Truk, Mobil Pickup di Sampang Tabrak Pemotor hingga Tewas
Niat Nonton Festival Pegon, Pasutri di Jember Tabrak Ranting Pohon, Suami Tewas di Tempat
Warga Pamekasan Geruduk Kantor PLN
Viral Video Warga di Sampang Temukan Jasad Pria Penuh Luka, Kapolsek Robatal Bilang Begini
Biaya Parkir Disebut Mahal, Begini Respon Pengelola Wisata Pantai Camplong Sampang
Tak Ada Fasilitas yang Ditawarkan, Tiket Masuk dan Biaya Parkir Pantai Wisata Camplong Mahal
Gelar Buka Puasa Bersama, RSUD dr Mohammad Zyn Sampang Santuni Anak Yatim

Berita Terkait

Senin, 22 April 2024 - 19:38 WIB

Satpol PP dan Damkar Pamekasan Sosialisasikan Tentang Rokok Ilegal

Rabu, 10 April 2024 - 17:24 WIB

Pemkab Bojonegoro Gelar Takbir bersama di Pendopo Malowopati

Kamis, 4 April 2024 - 18:14 WIB

Jaga Sinergitas, Pj Bupati Sampang Jalin Silaturahmi Bersama Insan Pers

Selasa, 2 April 2024 - 22:44 WIB

Bojonegoro Mendapat Tambahan Pupuk Subsidi Sekitar 28 Triliun

Jumat, 29 Maret 2024 - 22:26 WIB

Menteri PUPR Tinjau Proses Renovasi Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan Pamekasan

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:01 WIB

Paripurna Jawaban LKPJ Pj Bupati Bojonegoro, Hasilkan 30 Rekomendasi untuk 2024

Senin, 25 Maret 2024 - 14:16 WIB

Buka Musrenbang RKPD dan RPJPD Tahun 2025-2045, Ini Paparan Pj Bupati Sampang

Jumat, 22 Maret 2024 - 12:38 WIB

Pj Bupati Pamekasan Hadiri Penutupan TMMD ke 119 Tahun 2024 Kodim 0826

Berita Terbaru

Uncategorized

PJ Bupati Bojonegoro Launching Program Paman Sehati

Rabu, 24 Apr 2024 - 20:22 WIB