Dirlantas Polda Jatim Lauchingkan E-TLE

 

SURABAYA, SUARABANGSA.co.id – Direktur Lalu Lintas Polda Jatim Kombes Pol Budi Indra Dermawan S.I.K., M.M didampingi Kasubdit Gakkum AKBP Aditya Panji Anom sosialisasikan program Elektronic Trasffic Law Enforcement (E-TLE).

Elektronic Trasffic Law Enforcement (E-TLE) yang merupakan sistem penegak hukum lalu lintas kususnya di wilayah Polda Jawa Timur, yang sudah di tandatangani Walikota Surabaya, tepatnya, pada hari Jum’at (27/12/2019) pukul 13.00 Wib di Gedung Mahameru Polda Jatim.

Direktur Lalu Lintas Polda Jatim Kombes Pol Budi Indra Dermawan menyampikan, dalam program E-TLE ini, sudah di resmikan dan dilauchingkan pada tanggal 14 Januari 2020 kususnya di wilayah Polda Jawa Timur.

Baca Juga:  Ajaib, Jasad Seorang Ulama di Sampang Ini Masih Utuh Setelah Dikubur Tiga Tahun

“Adapun dalam titik-titik pemasangan kamera yang berada di wilayah Jawa Timur, ada 700 titik, yang sementara ini, dilakukan uji coba selama 7 hari,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Jatim Kombes Pol Budi Indra Dermawan, Selasa (07/1/2020).

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Jatim AKBP Aditya Panji Anom menjelaskan, dengan adanya Elektronic Trasffic Law Enforcement (E-TLE) ini, selama 7 hari kita, melakukan uji cobak, supaya masyarakat tau bahwa E-TLE sudah di pasang dan di berlakukan di wilayah Jawa Timur.

Pihaknya juga menerangkan, ketika terekam kamera, yang pada saat itu melanggar aturan lalu lintas yang ada, dari anggota Operator E-TLE Ditlantas Polda Jatim, akan memberikan informasi tentang pelanggaran yang sudah di lakukan oleh para pengguna jalan.

Baca Juga:  Pembacokan di Gadding Diduga Karena Motif Asmara

Lanjut dia, setelah mendapat informasi dari Operator E-TLE Ditlantas Polda Jatim, selama 5 hari, tidak ada konfirmasi dari pelanggar maka kita terbitkan surat tilang, dan dikirim ke kejaksaan yang berada di wilayah masing-masing.

“Kalau tidak di ambil di kejaksaan terkait, maka nantinya akan ke blokir STNKnya, dan tidak bisa melakukan perpanjangan pajak sebelum melakukan membayar denda e-Tilang tersebut,” jelas Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Jatim AKBP Aditya Panji Anom.

Dengan adanya hal tersebut, Direktur Lalu Lintas Polda Jatim Kombes Pol Budi Indra Dermawan menghimbau kepada masyarakat agar selalu menaati peraturan dalam berlalu lintas.

Baca Juga:  Pick Up Bermuatan Ikan, Terguling di Tengah Tol Sidoarjo-Porong

“Karena Ditlantas Polda Jatim akan terus melakukan penertiban dan penindakan terhadap pengendara yang tidak menaati peraturan yang ada,” tegas Direktur Lalu Lintas Polda Jatim.

Utamakan keselamatan dalam berkendara tingkatkan kewaspadaan saat berlalu lintas, ingat, terjadinya kecelakaan berawal dari sebuah pelanggaran.

Leave a Reply