Di Acara Festival Getuk Parasa, Bupati Bojonegoro Ajak Milenial Dukung Program Ketahanan Pangan

BOJONEGORO, SUARABANGSA.co.id – Guna mewujudkan Gerakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian menggelar Festival Getuk Parasa Sebagai upaya mengenalkan generasi Milenial untuk mengonsumsi makanan yang aman dan sehat.

Kegiatan digelar di sepanjang Jl. P. Mas Tumapel atau di depan Pendopo Kabupaten, Jum’at, (25/11/2022)

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awannah hadir dalam sambungan Zoom memberikan sambutan dan pengarahannya menyampaikan Kabupaten Bojonegoro memiliki potensi yang besar dalam kekayaan alam berupa hasil bumi Pertanian.

Maka perlu ada sebuah pendekatan program dimana hasil dari pertanian tersebut mampu diolah menjadi berbagai macam varian makanan yang sehat.

Baca Juga:  Bupati Sumenep Akan Wajibkan Kontraktor Pemenang Lelang Ikut BPJS Ketenagakerjaan

Untuk itu Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) hadir untuk mendorong warga Bojonegoro khususnya palaku UKM dan IKM untuk lebih memanfaatkan bahan makanan olahan dari sumber pertanian menjadi komoditas makanan yang bervariasi, murah dan sehat.

“Maka saya mengajak anak Milenial untuk meneguhkan kembali bersama sama dengan Pemkab Bojonegoro mendukung dan mensukseskan program pemerintah pusat dalam ketahanan pangan, ayo kembali ke olahan makanan yang sehat dari hasil pertanian kita sendiri,” ajak Bupati Anna

Usai memberikan sambutan dan pengarahan ibu Bupati secara resmi membuka Festival Getuk Parasa dan Festival Fashion Buah dan Sayur dengan ditandai pemotongan pita oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Nurul Azizah didampingi kepala DKPP Helmy Elisabeth dan dr Lula Kamal yang diundang khusus sebagai duta makanan sehat.

Baca Juga:  Ganti Pelayanan Berbasis Harian Menjadi Menit, Bupati Sumenep Tekankan ASN Paham Teknologi

Sementara itu kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bojonegoro Helmy Elisabeth menyampaikan rangkaian event Getuk Parasa ini adalah sebagai sarana kampanye pangan beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal bagi generasi milenial khususnya dan masyarakat pada umumnya.

“Semoga dengan digelarnya kegiatan festival ini menjadikan warga Bojonegoro sadar akan makanan yang sehat dan bergizi, dengan itu diharapkan anak anak muda Milenial Bojonegoro menjadi lebih sehat dan cerdas,” ujarnya.

Usai pemotongan pita Ibu Sekda bersama Dr Lula kamal dan Kadin DKPP Helmy Elisabeth berkenan mengunjungi tenda peserta Festival Getuk Parasa yang menyajikan berbagai macam olahan makanan dan minuman khas Bojonegoro.

Baca Juga:  YPM Muslimat NU Probolinggo Lakukan MoU Dengan Dinas Pendidikan

Kegiatan dilanjutkan dengan talk show dengan Nara sumber dr Lula Kamal, M.Sc yang diikuti oleh 100 anak muda Milineal yaitu Siswa siswi SMK/SMA serta mahasiswa di Bojonegoro.

Pembukaan Festival dihadiri oleh 75 Undangan dari unsur Sekretaris Daerah, Asisten Daerah, Staf Ahli, Ka OPD, PKK Kabupaten, FABO dan Dharmawanita Persatuan Kabupaten.

Leave a Reply