Liga Santri Piala Kasad 2022 di Bojonegoro Diikuti 12 Pondok Pesantren

Dandim 0813 Bojonegoro letkol Arm Arif Yudo Purwanto didampingi Forpimkab membuka liga santri di stadion Letjen Sudirman Bojonegoro.

BOJONEGORO, SUARABANGSA.co.id – Dalam Momen Peringatan Hari Santri yang jatuh pada 22 Oktober, Kodim 0813 Bojonegoro menyelenggarakan Turnamen Sepak Bola Hari santri bersama Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia(PSSI) yang memperebutkan piala Kasad “Liga Santri” tahun 2022 Bojonegoro, Senin (20/6/2022).

Dalam pidatonya, Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Arm Arif Yudo Purwanto,
mengatakan bahwa Liga santri 2022 ini diikuti secara Nasional kurang lebih 1,015 klub. Di Bojonegoro sendiri diikuti 12 klub dari 12 pondok pesantren yang ada di Bojonegoro.

Menurutnya, sebanyak 12 tim dari Pondok Pesantren (Ponpes) yang ikut memperebutkan piala Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bojonegoro hingga 23 Juli 2022 mendatang dengan sistem poin, dan terbagi dalam 4 grup.

Letkol Arm Arif Yudo Purwanto Dandim 0813 Bojonegoro menambahkan, bahwa digelarnya kompetisi ini dapat mencari bibit dari kalangan Santri Pondok Pesantren yang berbakat dalam dunia sepakbola. Dan nantinya, dari 12 tim tersebut 2 tim yang mampu menjuarai tingkat kabupaten akan mewakili Bojonegoro ke tingkat provinsi kemudian Hinga sampai tingkat Nasional.

Baca Juga:  Profil Yolla Yuliana, Pemain Voli Cantik di Bandung BJB Tandamatan

“Bagi yang juara, nanti diambil dua team, akan diikutkan di kompetisi tingkat provinsi, liga santri ini yang nanti juga diikuti 33 provinsi, dan diawali dari tingkat kabupaten,” terangnya.

Ia menambahkan, kompetisi ini adalah bagian dari mencari bibit unggul dari tingkat usia dan dari bawah, agar ada bibit bibit yang profesional untuk tingkat nasional mau pun internasional.

“Agar dapat bibit profesional di tingkat nasional mau pun internasional,” jelasnya sebelum melakukan kick off awal dimulainya pertandingan laga perdana.

Sementara, Kick Off pertama pada Liga Santri di wilayah Kabupaten Bojonegoro ini dilakukan Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arm Arif Yudo Purwanto, yang didampingi oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bojonegoro.

Sebagai laga pembuka pada perhelatan Liga Santri tahun 2022 di wilayah Kabupaten Bojonegoro ini tim dari Ponpes Ihyaa’ Ussunnah Desa Pacul, Kecamatan Bojonegoro, beradu strategi dengan tim Ponpes Al – Aly dari Mayangrejo Kecamatan Kalitidu, kabupaten Bojonegoro.

Secara terpisah Supardi selaku wakil Ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Bojonegoro, mengatakan bahwa terkait pelaksanaan Liga santri ini adalah hajatnya PSSI yang dalam hal ini penyelenggaranya adalah Kasad TNI, di tingkat kabupaten penyelenggaranya Kodim 0813 bekerja sama dengan Askab PSSI Kabupaten.

Baca Juga:  Lima Pemain Voli Cantik di Proliga 2022, Buat Penonton Enggan Berkedip

“Terkait dengan pelaksanaan liga santri ini menjadi hajatnya PSSI, yang dalam hal ini penyelenggaranya oleh Kasad TNI, ada pun pelaksanaan liga santri di tingkat kabupaten (kota), sebagai pelaksananya adalah kodim bekerja sama dengan Askab PSSI,” tuturnya di sela sela kegiatan turnamen.

Supardi menambahkan, kegiatan ini harapannya adalah Mampu menumbuhkan bibit bibit baru dan talenta muda yang punya kualitas, dalam bermain sepak bola, yang mampu mewarnai sepak bola nasional.

“Banyak lah pemain Nasional kita yang dari Pondok pesantren, dan Bojonegoro sendiri banyak bibit bibit unggul yang masih terpendam di pondok pesantren,” ungkapnya.

Lanjutnya, kegiatan Dimulai hari ini sampai Jumat dan Sabtu 23 dan 24 Juni, pertandingan dibuat bersamaan, di wilayah barat dan timur, di wilayah timur turnamen ada di lapangan singonoyo, di wilayah barat ada di lapangan Desa Talok kecamatan Kalitidu. masing masing wilayah 6 peserta Group, yang terbagi menjadi dua group.

Baca Juga:  Kalahkan Pasundan Bandung, Indomaret Volleyball Club Juara Livoli 2022¬†Divisi Utama Putra

“Juara group secara otomatis lolos babak semi final di wilayah masing di Tanggal 15 dan 16 Juli,” ujarnya.

Tambahnya, pertandingan di Stadion nanti final 1,2,3,4 di lombakan di stadion, di ambil dua pemenang satu dan dua dalam satu hari itu tanggal 23 bulan Juli nanti.

“Dalam satu hari nanti finalnya juara, 1,2,3,4, dilombakan Hinga juara satu dan dua,” pungkasnya.

I. Wilayah Barat :

Grup A yakni Ponpes Ihyaa Ussunnah, Ponpes Al – Aly dan Ponpes Al – Rosyid.

Grup B yakni Ponpes Al Amin, Ponpes Fathul Majid dan Ponpes Al Lathifiyah Marzuqi

II. Wilayah Timur :

Grup C yakni Ponpes Rahmatullah, Ponpes Al Makka dan Ponpes Darul Istiqomah.

Grup D yakni Ponpes Miftahul Ullum, Ponpes Roudlotut Tholibin dan Ponpes At Tanwir.

Leave a Reply