Pemkab Pamekasan Lakukan MoU Dengan Kementrian Kominfo

DBHCHT Sumenep

PAMEKASAN, SUARABANGSA.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur menandatangani MoU dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, di Peringgitan Dalam Mandhapa Agung Ronggosukowati, Kamis (21/10/2021)

Kerja sama tersebut dibuktikan dengan penandatangan nota kesepakatan pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), yang dihadiri oleh Kepala Badan Litbang Kementrian Kominfo, Dr. Hary Budiarto, MKOM, dan Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya, Eka Handayani, SE. MM.

Kepala Dinas Kominfo Pamekasan, Ir. Muhammad saat membacakan sambutan Bupati Pamekasan Badrut Tamam, menyampaikan terimakasih atas beberapa program yang sebelumnya telah bekerja sama dengan pemerintah kabupaten (pemkab) Pamekasan.

Mulai dari skema pelatihan, sertifikasi bidang informasi teknologi, design grafis, ecomers, serta digital entrepenuership academy (DEA).

Baca Juga:  Selundupkan Sabu ke Sumenep, Warga Pamekasan dan Sampang Digelandang Polisi

“Hingga saat ini BPSDMP Kominfo Surabaya mempersiapkan MoU peningkatan pengembangan kapasitas SDM bidang komunikasi informatika Badan Litbang Kementrian Kominfo RI,” ungkapnya. Senin (18/10/2021).

Dikatakan, program digital talent schoolarship (DTS) tahun ini menargetkan pelatihan peningkatan kompetensi bagi 10 ribu peserta yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing SDM di bidang teknologi komunikasi dan informasi sebagai bagian dari program pembangunan prioritas nasional.

“Salah satu skema program DTS adalah program digital entreprenuership academy (DEA) yang merupakan program beasiswa untuk mencetak digital entreprenuer baru dalam rangka mempersiapkan SDM yang unggul dalam mendukung era reformasi industri,” tandasnya.

Dia menambahkan, program tersebut selaras dengan program prioritas Pemkab Pamekasan berupa sapu tangan biru (sepuluh ribu pengusaha baru) dan program millenial talent hub (MTH). Selain skema DEA, terdapat skema program DTS pada tahun 2021.

Baca Juga:  Hingga Februari 2021, Pasien Sembuh Positif Covid 19 di Probolinggo Capai 2.508

“Kami beberapa waktu lalu mendapat paparan dari Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya sangat tertarik dan ini adalah peluang bagi seluruh aparatur sipil negara untuk mengambil peluang ini,” tambah dia.

Program yang akan bekerja sama dengan Kementerian Kominfo RI tersebut antara lain fresh graduate academy, vocational school graduate academy, tematik academy, profesional academy, goverment transformation academy, regional digital academy, dan Leadership digital academy.

“Saya telah memerintahkan kepada jajaran di bawah terkait dengan kegiatan yang akan dilakukan melalui penandatanganan ini, bahwa Pamkab Pamekasan akan siap mewujudkan harapan dari Kementerian Kominfo RI,” tegasnya.

Baca Juga:  Sering Hujan, Petani Tembakau di Pamekasan Khawatir Gagal Panen

Salah satu program yang akan dilakukan adalah pelatihan goverment transformation academy khusus untuk ASN dan tenaga honorer untuk mencetak SDM melalui pelatihan-pelatihan yang akan bekerja sama dengan Badan Litbang Kementerian Kominfo RI.

“Kami akan ikut mensukseskan kegiatan ini, lebih-lebih tiga tahun yang akan datang untuk terus bersinergi memantapkan gerak dan langkah dalam pemberdayaan SDM,” pungkasnya.

Leave a Reply