Apresiasi Festival Virtual Silat Cingkrik Tradisional Betawi 2021, Gubernur Anies Baswedan Sebut Potensi Silat di Kancah Global

- Admin

Minggu, 3 Oktober 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JAKARTA, SUARABANGSA.co.id – Sebagai daerah yang lekat dengan identitas silat atau main pukulan, Betawi memiliki banyak perguruan atau padepokan pencak silat. Potensi silat perlu digali guna melahirkan pesilat yang handal. Hal tersebut diungkap oleh Gubernur Anies Baswedan menyusul terselenggaranya Festival Virtual Silat Cingkrik Tradisional Betawi yang diselenggarakan oleh Perguruan Cingkrik Rawa Belong (Percira).

“Selamat atas terselenggaranya festival virtual Cingkrik tradisional Betawi yang diselenggarakan oleh teman-teman di Perguruan Cingkrik Rawa Belong (Percira). Harapannya, kegiatan ini akan melahirkan potensi-potensi pencak silat Cingkrik Betawi yang menjadi pesilat handal, siap untuk ikut mempromosikan silat Indonesia di kancah global,” ujar Gubernur Anies, Sabtu (2/10).

Senada, Anggota DPD RI Dapil DKI Jakarta, Mpo Hj. Fahira Idris mengucapkan selamat atas terlaksananya festival ini. “Selamat luar biasa kepada Perguruan Cingkrik Rawa Belong atau Percira. Semoga kegiatan ini dapat menciptakan generasi-generasi penerus pencak silat Betawi yang siap mengikuti festival pencak silat Internasional dan membanggakan bangsa,” ungkapnya.

Baca Juga:  Tak Terdaftar di e-Samsat, Plat Mobil Ketua Bawaslu Jawa Timur yang Terlibat Lakalantas di Sampang Diduga Plat Nomor Palsu

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana menyatakan, pandemi COVID-19 tak mengurangi tumbuhnya ekosistem kebudayaan di lingkungan DKI Jakarta. Salah satunya dibuktikan dengan terselenggaranya Festival Virtual Silat Cingkrik Tradisional.

“Senantiasa dari kami Dinas Kebudayaan mendoakan semua pekerja seni dan pegiat budaya di DKI Jakarta diberikan nikmat sehat, kekuatan untuk menjaga kesehatan di tengah masa pandemi COVID-19 ini,” ungkap dia.

Kepala Suku Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Barat Ahmad Syaropi menyatakan adanya pandemi COVID-19 terpaksa menunda aktivitas berkesenian di Jakarta Barat. Namun, festival ini merupakan tanda bahwa kesenian di Jakarta Barat mulai hidup kembali.

“Festival ini merupakan tanda bahwa kesenian di Jakarta Barat mulai hidup kembali,” ujarnya.

Baca Juga:  Covid-19 di Sumenep, 1 Pasien Sembuh dan 1 Pasien Meninggal Dunia

Ia berharap, nantinya akan ada banyak acara festival kesenian virtual sehingga turut membangun ekosistem kebudayaan di DKI Jakarta.

Sementara Ketua Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) Becky Mardani menyatakan acara ini diselenggarakan pada Jumat, (1/10) untuk babak Semifinal hingga Minggu (3/10) untuk babak Final. Acara ini bertempat di Pusat Pelatihan Seni Budaya Betawi Jakarta Barat, Rawa Buaya dan dapat disaksikan secara daring melalui Youtube @percirarawabelong.

Ketua Perguruan Silat Cingkrik Rawa Belong, Robi Indra menyatakan Festival Virtual Silat Cingkrik Tradisional tahun 2021 ini merupakan kali kedua gelaran yang dilakukan pada masa pandemi COVID-19. Ia berharap para pelestari budaya Betawi agar tetap semangat konsisten menjadi ‘pejuang’ silat tradisi di tengah pandemi COVID-19.

“Jika semua orang berhenti aktivitas karena wabah, kami justru ingin menyuarakan semangat kolaborasi sehingga menciptakan efek kekuatan untuk mengahadapi COVID-19 ini,” ujarnya.

Baca Juga:  Polda Jatim Mulai Terapkan Kurikulum PRESISI di SPN

Dalam kesempatan yang sama, Robi juga mengungkapnya ucapan terima kasih kepada Kepala Suku Dinas Kebudayaan (Kasudin) Jakarta Barat, Ahmad Syaropi, Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang telah membimbing, membesarkan dan memberikan pesan untuk menjadi pejuang pesilat tangguh yang siap tampil festival tingkat global.

Robi juga berharap agar ke depan acara ini menjadi agenda rutin tahunan bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta guna memastikan prestasi pesilat-pesilat, khusunya yang masih mengenyam pendidikan.

“Harapan saya agar ke depan festival ini menjadi agenda rutin yang diadakan bersama dengan Pemprov DKI Jakarta. Dimana pemenang mendapatkan tiket masuk sekolah-sekolah negeri melalui jalur prestasi. Dan nantinya agar festival Silat Cingkrik se DKI Jakarta ini menjadi ajang memperebutkan piala dari bapak gubernur,” pungkas dia.

Berita Terkait

Ribuan Santri dan Pengurus NU Pulau Mandangin Sampang Tumplek Blek Peringati 1 Muharram
Peduli Jurnalis Tribrata TV, Jurnalis Pamekasan Bersatu Gelar Aksi
Soal Oknum ASN DPMD Sombong dan Minim Etika, Ini Respon Komisi I DPRD Sampang
Miris, Oknum ASN DPMD Sampang Dinilai Minim Etika
Komunitas Jurnalis Pamekasan Gelar Diskusi Kode Etik Jurnalistik
SDN 2 Tamberu Pamekasan Disegel Warga
PSHT Rayon Tanjungharjo Bojonegoro ikut Meriahkan Haflah Akhirussanah
LPTNU PBNU Lantik Pengurus Baru Arjunu untuk Meningkatkan Kualitas Jurnal Ilmiah

Berita Terkait

Rabu, 17 Juli 2024 - 18:54 WIB

Pj Bupati Bojonegoro Berikan Kado Prestasi Ke Sejumlah Pemuda

Rabu, 17 Juli 2024 - 06:38 WIB

Pemkab Gelar ‘Sumenep Bersholawat’, Diharapkan Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup ASN dan Masyarakat

Kamis, 11 Juli 2024 - 18:10 WIB

Paripurna Jawaban Eksekutif, Pj Bupati Bojonegoro Jawab PU Fraksi Gerindra dan PDIP

Senin, 8 Juli 2024 - 05:05 WIB

Begini Pandangan Fraksi Gerindra Terhadap Nota Penjelasan Pj Bupati Bojonegoro

Senin, 8 Juli 2024 - 01:28 WIB

Pj Bupati Bojonegoro Sampaikan Nota Penjelasan Raperda Tentang RPJPD Tahun 2025-2045

Jumat, 5 Juli 2024 - 19:12 WIB

Sempat Cekcok, Akhirnya Satpol PP Pamekasan Tetap Tertibkan PKL

Kamis, 4 Juli 2024 - 16:11 WIB

Satpol PP Pamekasan Lakukan Penertiban PKL di Sekitar Arek Lancor

Selasa, 2 Juli 2024 - 11:05 WIB

Soal Oknum ASN DPMD Sombong dan Minim Etika, Ini Respon Komisi I DPRD Sampang

Berita Terbaru