Pemkab Pamekasan Fasilitasi Pemuda Ikuti Seleksi Bintara

PAMEKASAN, SUARABANGSA.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur sukses menfasilitasi para pemuda di daerahnya yang ikut seleksi bintara polri di Mapolda Jawa Timur tahun 2021.

Berkat fasilitasi tersebut, tahun ini ada 15 pemuda asal Pamekasan yang lolos bintara Polri dari sekitar 220 orang yang ikut seleksi. Sementara pada tahun 2020, hanya 4 orang yang lolos seleksi tanpa fasilitasi pemerintah kabupaten (pemkab).

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Pamekasan, Halifaturrahman mengungkapkan, pihaknya tahun 2021 membiayai 15 calon bintara polri yang lolos seleksi. Biaya itu bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) kabupaten.

“Ini merupakan program pertama Bupati Badrut Tamam, yang mana di tahun sebelumnya tidak ada. Kalau yang ikut seleksi secara keseluruhan jumlahnya sekitar 220-an,” terangnya, Selasa (31/8/2021).

Pemkab Pamekasan membiayai calon bintara polri tersebut sebagai wujud kepedulian Bupati Pamekasan terhadap masyarakat kurang mampu yang memiliki cita-cita kuat menjadi polisi. Namun yang pasti, mereka yang lolos seleksi itu nantinya wajib mengabdikan diri di bumi Gerbang Salam.

Program itu juga bertujuan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Pamekasan di masa-masa yang akan datang. Makanya, pemerintah daerah menggenjot beberapa program di bidang pendidikan untuk investasi SDM masa depan. Seperti beasiswa santri, beasiswa kedokteran dan sejumlah program di bidang pendidikan lainnya.

Dana untuk biaya calon bintara polri tersebut berbentuk hibah kepada Polda Jawa Timur, setelah dua Instansi tersebut sebelumnya telah melakukan memorandum of understanding (MoU).

Dengan harapan bahwa program ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, yang terkendala biaya dalam mewujudkan anak-anaknya menjadi anggota polri.

“Pemkab memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik Pamekasan, untuk mengikuti seleksi penerimaan pendidikan bintara polri, dan Alhamdulillah di tahun 2021 ini ada 15 warga Pamekasan yang lolos,” pungkasnya.

Baca Juga:  Momen HPN, PWI Pamekasan Berharap Insan Pers Semakin Profesional

Leave a Reply