Sertijab, Bupati Achmad Fauzi Sampaikan Misi Utama Membangun Sumenep

- Admin

Minggu, 7 Maret 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SUMENEP, SUARABANGSA.co.id – Setelah dilantik oleh Gubernur Jatim, Bupati Sumenep dan Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi dan Nyai Hj Dewi Khalifah melakukan serah terima jabatan, si pendopo keraton agung setempat Minggu (7/3/2021).

Prosesi serah terima jabatan (Sertijab) tersebut dilaksanakan melalui sidang paripurna DPRD Sumenep dengan agenda penyampaian sambutan Bupati dan Gubernur Jawa Timur.

Agenda sakral tersebut mengacu pada surat Gubernur Jatim tanggal 26 Februari 2021 nomor 131/4033/011.2/2021 tentang pemberitahuan jadwal Sertijab Bupati/Wali Kota hasil Pilkada serentak tahun 2020 dan hasil rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kabupaten Sumenep.

“Sejak dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Sumenep pada tanggal 26 Februari 2021 lalu, saya bersama Nyai Hj Dewi Khalifah terus melakukan koordinasi dan konsolidasi untuk menjadikan Kabupaten Sumenep lebih baik dan lebih maju agar ada peningkatan harkat dan derajat kemakmuran masyarakat,” terang Bupati Sumenep, Achmad Fauzi.

Baca Juga:  ASN dan PHL Terkena OTT di Pasar Lenteng Sumenep

Suami Nia Kurnia itu menambahkan, Untuk mewujudkan komitmen itu, maka harus dibangun konsep pembangunan yang tepat sesuai dengan visi dan misi yang sudah disusun sejak dirinya bersama Nyai Eva maju di Pilkada tahun 2020.

“Untuk menjawab permasalahan dan isu strategis di daerah maka visi pembangunan Kabupaten Sumenep yang ingin diwujudkan pada periode 2021-2024 adalah Sumenep unggul, mandiri dan sejahtera,” imbuhnya.

Politisi PDI Perjuangan itu menambahkan, visi tersebut secara garis besar tertuang kedalam lima misi utama. Pertama, membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing di bidang pendidikan, kesehatan dan ketenagakerjaan.

Kedua, meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penguatan ekonomi berbasis kawasan dari hulu ke hilir. Ketiga, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan, inovatif dan responsif dalam melayani masyarakat.

Baca Juga:  Kecelakaan Tunggal di Sampang, Pemuda Asal Desa Pacanggaan Tewas di TKP

Keempat, melaksanakan pembangunan berasas gotong royong dan ber-kearifan lokal. Sedangkan yang kelima adalah adalah memperkuat pembangunan infrastruktur berbasis lingkungan hidup yang berimbang antara daratan dan kepulauan.

“Saya berharap dukungan seluruh elemen masyarakat dan para pemangku kebijakan yang ada di Kabupaten Sumenep dalam upaya meningkatkan derajat dan martabat masyarakat yang lebih baik dan maju,” sambungnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam amanatnya menyampaikan lima arahan utama Presiden RI. Diantaranya prihal pembangunan SDM, Infrastruktur dan penyederhanaan regulasi. Termasuk pula penyederhanaan birokrasi dan transformasi ekonomi.

“Pak Presiden memberikan arahan bahwa pembangunan SDM kriterianya antara lain sosok pekerja keras, dinamis kerjanya, terampil, menguasai ilmu pengetahuan dengan dukungan industry, talenta global dan teknologi,” sebutnya.

Baca Juga:  Hendak Perbaiki Saluran Air, Suwandi Ditemukan Tewas di Jurang

Selain itu, Pembangunan infrastruktur untuk menghubungkan kawasan produksi dengan distribusi, bertujuan untuk mempermudah akses ke kawasan wisata. Penyederhanaan regulasi dan birokrasi juga menjadi atensi serius presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah juga mendorong kemajuan pariwisata di kota keris dalam hal promosi.

“Wisata di Sumenep ini sudah luar biasa, miliki budaya yang juga luar biasa, kemasannya sudah bagus, jadi tinggal promosinya yang harus kita dorong,” sebutnya.

Bahkan, mantan Mentri Sosial ini juga memuji kondisi dan kemegahan pendopo agung keraton Sumenep. Menurutnya, dari sederet Kabupaten dan Kota lain, kondisi Pendopo Keraton Sumenep yang termegah.

“Saya ini keliling mungkin sudah semua Pendopo, ini (Pendopo Keraton Sumenep,red) adalah pendopo terbaik, terindah yang pernah saya lihat dan kunjungi,” tandasnya.

Berita Terkait

Hendak Salip Truk, Mobil Pickup di Sampang Tabrak Pemotor hingga Tewas
Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Pj Bupati Bojonegoro Beri Apresiasi
Satpol PP dan Damkar Pamekasan Sosialisasikan Tentang Rokok Ilegal
Niat Nonton Festival Pegon, Pasutri di Jember Tabrak Ranting Pohon, Suami Tewas di Tempat
Warga Pamekasan Geruduk Kantor PLN
Viral Video Warga di Sampang Temukan Jasad Pria Penuh Luka, Kapolsek Robatal Bilang Begini
Biaya Parkir Disebut Mahal, Begini Respon Pengelola Wisata Pantai Camplong Sampang
Tak Ada Fasilitas yang Ditawarkan, Tiket Masuk dan Biaya Parkir Pantai Wisata Camplong Mahal

Berita Terkait

Senin, 22 April 2024 - 19:38 WIB

Satpol PP dan Damkar Pamekasan Sosialisasikan Tentang Rokok Ilegal

Rabu, 10 April 2024 - 17:24 WIB

Pemkab Bojonegoro Gelar Takbir bersama di Pendopo Malowopati

Kamis, 4 April 2024 - 18:14 WIB

Jaga Sinergitas, Pj Bupati Sampang Jalin Silaturahmi Bersama Insan Pers

Selasa, 2 April 2024 - 22:44 WIB

Bojonegoro Mendapat Tambahan Pupuk Subsidi Sekitar 28 Triliun

Jumat, 29 Maret 2024 - 22:26 WIB

Menteri PUPR Tinjau Proses Renovasi Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan Pamekasan

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:01 WIB

Paripurna Jawaban LKPJ Pj Bupati Bojonegoro, Hasilkan 30 Rekomendasi untuk 2024

Senin, 25 Maret 2024 - 14:16 WIB

Buka Musrenbang RKPD dan RPJPD Tahun 2025-2045, Ini Paparan Pj Bupati Sampang

Jumat, 22 Maret 2024 - 12:38 WIB

Pj Bupati Pamekasan Hadiri Penutupan TMMD ke 119 Tahun 2024 Kodim 0826

Berita Terbaru

Uncategorized

PJ Bupati Bojonegoro Launching Program Paman Sehati

Rabu, 24 Apr 2024 - 20:22 WIB