Usai di Kota Madiun, Pasar Pangan Murah Pemprov Jatim Sasar Pamekasan

PAMEKASAN, SUARABANGSA.co.id – Sukses menggelar Pasar Pangan Murah di Kota Madiun, Sabtu (5/11/2022) kemarin. Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) kembali mengadakan kegiatan serupa di Kabupaten Pamekasan.

“Pasar Pangan Murah ini digelar di 20 lokasi (se-Jawa Timur). Hari ini di Kabupaten Pamekasan,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jatim Hadi Sulistyo, Minggu (6/11/2022).

Ia mengatakan, Pasar Pangan Murah kali ini terdapat 11 jenis bahan pangan yang dijual. Antara lain, bawang merah dijual seharga Rp 25.000 per kilogram ; bawang putih seharga Rp 18.000 per kilogram ; cabai Rawit Rp 24.000 per kilogram ; cabai merah besar harga Rp 24.000 per kilogram dan gula pasir seharga Rp 12.000 per kilogram.

Baca Juga:  Pemprov Jatim Klaim Sudah Atasi Kekeringan Dengan PAMSIMAS

Kemudian minyak goreng merk minyak kita seharga Rp 12.500 per liter ; beras medium seharga Rp. 8.600 per kilogram ; beras premium seharga Rp 11.500 per kilogram ; ikan lele Rp 15.000 per kilogram ; ikan mujair Rp 15.000 per kilogram ; daging ayam ras Rp 25.000 per ekor dan telur ayam ras Rp 23.000 per kilogram.

“Pasar Pangan Murah juga menyediakan aneka makanan olahan dan frozen food,” lanjutnya.

Ia menambahkan, Pasar Pangan Murah ini digelar sebagai bentuk upaya Pemprov Jatim melalui OPD terkait untuk menghadirkan bahan pangan murah dan berkualitas.

Baca Juga:  Kepala Dinas Dispertahortbun Beberkan Harga Tembakau Terbaru di Sumenep

“Sebagai bagian dari program perlindungan sosial untuk meringankan beban masyarakat meningkatkan daya beli, mengendalikan inflasi daerah dan menstabilkan harga kebutuhan pokok paska kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM),” tandasnya.

Untuk memperoleh berbagai bahan pangan tersebut, penyelenggara tidak memberlakukan syarat khusus kepada pembeli. Artinya kata dia, semua lapisan masyarakat diperkenankan membeli komoditi yang dibutuhkan.

Kendati tidak ada syarat maupun batasan bagi pembeli, di kegiatan tersebut tidak ada aksi borong. Acara juga berakhir sesuai jadwal.

“Nggak ada aksi borong, rata-rata beli 2 per item. Digelar dari jam 07.00 WIB hingga selesai pukul 11.00 WIB,” katanya.

Baca Juga:  Jelang Ramadhan, Diskoperindag Sampang Klaim Harga Kebutuhan Pokok Relatif Stabil

Usai digelar di Kabupaten Pamekasan, menurut rencana Pasar Pangan Murah akan kembali digelar di Kabupaten Pacitan pada Selasa (8/11/2022) mendatang.

Oleh karena itu, pihaknya berharap masyarakat bisa memanfaatkan Pasar Pangan Murah yang digelar Pemprov Jatim untuk memperoleh bahan pangan dengan harga terjangkau dan berkualitas.

“Sehingga daya beli bisa tetap terjaga,” tutup dia.

Leave a Reply