Gandeng Rumah Zakat, Puskesmas Bulangan Haji Pamekasan Gelar Gersala

PAMEKASAN, SUARABANGSA.co.id – Rumah Zakat bersama UPT Puskesmas Bulangan Haji, Kecamatan Pagentenan, Kabupaten Pamekasan menggelar Posyandu Ramah Lansia dengan tema “Gersala” pada Kamis (21/07/22) pagi.

Gersala (Gerakan Sayang Lansia) tersebut merupakan kegiatan Posyandu Lansia yang rutin dilaksanakan setiap bulan sekali.

Akan tetapi untuk di bulan ini (Juli) ada yang berbeda dari bulan-bulan sebelumnya, Posyandu Lansia yang biasa dilaksanakan hanya dengan penimbangan, serta pemeriksaan kesehatan saja, pada kesempatan kali ini ditambah dengan adanya senam bersama, pijet refleksi, pijet akrupesur, dan minum jamu bersama serta cara pembuatan jamu dari buah mengkudu.

Baca Juga:  Bupati Pamekasan Salurkan Bantuan Hibah Untuk Masjid Mushalla

“Sebenarnya kegiatan ini lebih ke inovasi dan pengembangan, murni untuk mendekatkan pelayanan kesehatan sampai kepada para lansia,” kata Herlin Herawati Kepala UPT Puskesmas Bulangan Haji Pagentenan.

Herlin juga berharap terutama kepada para Lansia, agar kegiatan ini bisa dilaksanakan dan diikuti bukan hanya di satu titik saja, melainkan bisa dilaksanakan di Kampung-Kampung, serta Desa-Desa binaan lainnya.

“Sehingga dengan begitu setiap bulannya kegiatan ini akan akan terakomodir,” imbuhnya.

Sementara itu Musleh Koordinator Jatim Rumah Zakat mengatakan bahwasanya, kegiatan ini merupakan program seperti biasa yang rutin dilaksanakan setiap bulannya.

Baca Juga:  Pemerintah Kabupaten Pamekasan Siapkan Anggaran 35 Miliar Untuk Penanganan Jalan Rusak

Akan tetapi program yang sekarang ini merupakan inovasi, yakni ada tambahan berupa minum jamu, pembuatan jamu, senam lansia yang bisa dilakukan di rumah masing-masing.

“Ini merupakan program unggulan rumah zakat yakni ramah lansia, bertujuan menjadikan lansia itu berdaya, dalam artian mereka tetap menjadi bagian dari manusia pada umumnya, dan kita akan senantiasa mendampingi para lansia tersebut sampai mereka itu betul-betul mandiri dan bisa terus produktif,” papar Musleh.

“Dan untuk Program Posyandu Ramah Lansia itu sendiri di Pamekasan, untuk saat ini diikuti oleh dua Desa yakni Desa Tlanakan dan Desa Plakpak,” paparnya.

Baca Juga:  Akhirnya Polres Sumenep Tetapkan Satu Tersangka Kasus Beras Oplosan

Perlu diketahui acara tersebut dihadiri oleh Forkopimcam Pagentenan yakni, Camat Pagentenan, Kepala Desa Plakpak, Kapus Bulangan Haji, Danramil Pagentenan, Babinsa Plakpak, Wakapolsek Pagentenan, Bhabinkamtibmas Plakpak puluhan lansia sekitar.

Leave a Reply