Kenakan Pakaian Adat, Wakil Bupati Sampang Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas

SAMPANG, SUARABANGSA.co.id Dengan mengenakan pakaian adat Madura, Wakil Bupati Sampang, Madura, Jawa Timur, H Abdullah Hidayat memimpin upacara bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022 di halaman kantor Pemkab setempat, Jumat (13/05/2022) pagi.

Pantauan kontributor suarabangsa.co.id, Hardiknas yang bertemakan “Pimpin Pemulihan, Bergerak Untuk Merdeka Belajar” itu, diawali dengan pengibaran bendera merah putih oleh pasukan pengibar bendera.

Wakil Bupati yang bertugas sebagai inspektur upacara membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim, yang mengatakan selama dua tahun banyak tantangan harus dihadapi bersama.

Apa yang telah dilaksanakan pada hari ini, katanya, merupakan bukti bahwa dunia pendidikan lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba.

“Di tengah hantaman ombak yang sangat besar, kita terus melautkan kapal yang besar bernama Merdeka Belajar yang di tahun ketiga ini telah mengarungi pulau-pulau di seluruh Indonesia,” ucapnya saat membacakan sambutan.

Baca Juga:  Tunjukkan Rasa Empati, PS Kanit Bintibmas Satbinmas Polres Sampang Bantu Nenek Masirah

Dikatakannya, kurikulum merdeka, yang berawal dari upaya membantu guru dan murid di masa pandemi Covid-19 terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran dan sudah diterapkan lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

“Artinya, ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan serta semangat sama juga sudah kita dengar dari seniman dan pelaku budaya yang sekarang sudah mulai bangkit dan berkarya lagi,” ujarnya.

Jadi, saat ini para murid tidak perlu khawatir dengan tes kelulusan. Karena asesmen nasional yang sekarang digunakan tidak bertujuan untuk “Menghukum” guru atau murid.

“Melainkan sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar, pun dengan kepala sekolah yang juga termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan,” sambungnya.

Baca Juga:  Polres Sumenep Ringkus Warga Sampang

Terakhir, ia mengatakan langkah yang ditempuh hingga hari ini sudah semakin serentak. Dengan laju yang sudah semakin cepat. Namun belum sampai di garis akhir. Maka, tidak ada alasan untuk berhenti bergerak meski sejenak. Ke depan, sambungnya, masih akan ada angin yang kencang dan ombak yang jauh lebih besar, serta rintangan yang jauh lebih tinggi.

Wakil Bupati H Abdullah Hidayat usai memimpin upacara, memberikan harapan besar kepada para tenaga pendidik untuk lebih semangat mentransfer ilmu dalam rangka penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja.

Dalam kesempatan tersebut, H Abdullah Hidayat juga menyerahkan penghargaan kepada guru berprestasi diantaranya RR Dewi Trisna SP S.Pd, M.Pd sebagai Pemakalah Terbaik Nasional Tahun 2021, Moh Hosen S.Pd peraih Branz Award Matematika Tahun 2021 dan Endang Sri Utami S.Pd sebagai Penulis 12 Buku BerISBN.

Baca Juga:  Hari ini, Forum Sampang Hebat Resmi Dikukuhkan

Kemudian Mardiyah S.Pd, M.Pd sebagai Penulis 6 buku berISBN, Eva Setiyorini S.pd sebagai penulis buku berISBN dan Muslima M.Pd sebagai penulis 4 buku berISBN.

Untuk diketahui, peserta upacara diantaranya unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sampang, Kepala OPD, Dewan Pendidikan, Pengawas, Kepala Sekolah, Mahasiswa dan Siswa di Kabupaten Sampang.

Temukan Kami: