Hari Laut Sedunia, Bripka Liwail Amri Ajak Warga Sampang Jaga Ekosistem Laut

SAMPANG, SUARABANGSA.co.id — Momentum Hari Laut Sedunia atau World Oceans Day yang di peringati tiap tanggal 8 Juni, diharapkan dapat memberikan kesadaran kepada seluruh masyarakat agar lebih peduli dengan lautan.

Laut memiliki peranan penting dalam sendi-sendi kehidupan bagi para nelayan bahkan warga yang hidup di pesisir pantai. Saat ini abrasi laut tengah mengancam, bahkan akibat yang ditimbulkan semakin merusak jika tidak ada tindakan untuk mencegahnya.

Kasat Binmas Polres Sampang, Madura, Jawa Timur AKP Moh Mohni dikonfirmasi melalui PS Kanit Bintibmas Satbinmas Bripka Liwail Amri meminta kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan ke laut. Momentum hari laut sedunia, kata dia, harus menjadi peringatan untuk menjaga laut.

“Jangan membuang sampah ke laut, siapa pun itu. Karena sampah dapat membahayakan biota laut dan merusak lingkungan laut. Sayangi laut kita, untuk generasi-generasi yang akan datang,” katanya kepada kontributor suarabangsa.co.id, Selasa (08/06/2021).

Mantan Banit Provos Sipropam Polres Sampang ini mengatakan, jika hari ini dirinya bersama beberapa personel Sat Binmas serta sejumlah warga sekitar melakukan kegiatan bersih-bersih di pesisir pantai wisata Camplong, Kecamatan Camplong.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya laut bagi kehidupan sehingga perlu dihindari dari pencemaran sampah.

“Dampak sampah, terutama plastik yang sulit terurai, akan mengganggu ekosistem laut. Maka, dengan melestarikan laut berarti kita telah melestarikan setengah ekosistem di bumi ini,” tuturnya.

Ia juga meminta agar masyarakat dapat bersahabat dengan laut. Sementara untuk para nelayan, ia berpesan agar menghindari penggunaan bom ikan yang dapat merusak terumbu karang.

“Tunjukkan aksi nyata kita dalam melestarikan laut dengan tidak menggunakan bom ikan atau bahan kimia ketika menangkap ikan, karena selain melanggar hukum juga merusak kehidupan ekosistem laut, banyak ikan mati sia-sia serta dapat merusak terumbu karang,” imbaunya.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Polri, dalam hal ini Sat Binmas Polres Sampang terhadap kebersihan laut dengan tujuan menjaga lingkungan pantai dan ikut melestarikan keanekaragaman hayati.

“Kegiatan ini mari kita jadikan contoh bagi masyarakat agar tetap menjaga kebersihan laut dan lingkungan pantai. Karena laut adalah sumber kehidupan dan harapan masa depan cerah,” tandasnya.

Diakhir keterangannya, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 5M, dengan cara selalu memakai masker, mencuci tangan dengan air dan sabun atau handsanitizer, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas.

Baca Juga:  Dampak Pandemi Covid19, UMK Kabupaten Sampang Dipastikan Tak Ada Kenaikan

Leave a Reply