DPRD Sumenep Menggelar Paripurna Istimewa HUT RI

SUMENEP, SUARABANGSA.co.id – Ketua DPRD Sumenep H. Abdul Hamid Ali Munir memimpin sidang paripurna Istimewa, Selasa (16/8/2022).

Sidang ini dilaksanakan dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI, Joko Widodo dalam rangka HUT RI ke 77.

Hadir juga Faisal Muhlis, Wakil Ketua dan juga bupati Achmad Fauzi dan Wakil Nyai Hj Dewi Khalifah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tampak menghadiri kegiatan ini.

Pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Asisten Setkab, para Kepala Bagian (Kabag), Sejumlah camat di lingkungan Pemkab Sumenep juga tampak hadir dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini berlangsung dengan penuh lancar dan khidmat.

Baca Juga:  Kapalda Jatim Akan Berikan Reward Bagi Polisi yang Mampu Meredam Covid-19

Ketua DPRD Kabupaten Sumenep H. Abdul Hamid Ali Munir, menjelaskan, momentum ini hendaknya dijadikan upaya untuk mengingat sejarah bangsa. Utamanya, dalam upaya pembentukan dan upaya perlawanan kepada penjajah.

“Spirit perjuangan ini harus dipahami dengan baik oleh lapisan anak bangsa,” katanya.

Politisi PKB ini menegaskan, perayaan hari lahir bangsa Indonesia ini hendaknya tidak hanya sekadar seremonial belaka. Melainkan, sebagai refleksi untuk lebih, utamanya dalam bernegara. Sehingga, melahirkan masyarakat adil dan makmur.

Dia juga menegaskan, ke depan dalam pengetrapan demokrasi juga harus lebih matang. Yakni, demokrasi harus seiring dan sejalan dengan prinsip-prinsip dasar konstitualisme.

Baca Juga:  Demo DPRD Lagi, API Desak Komisi II Sumenep Urusi Kasus Agraria

“Demokrasi harus semakin egaliter, yaitu demokrasi yang makin meneguhkan pelaksanaan prinsip checks and balances dalam praktek kehidupan politik kita,” ucapnya.

Hamid menuturkan, demokrasi juga harus berlandaskan penghormatan dan pelaksanaan penegakan hukum adil dan bermartabat. Yakni, menjamin dan melindungi hak asasi manusia, dan tetap menjamin terjaganya stabilitas dan ketertiban.

“Dengan demikian, insya Allah, demokrasi yang kita terapkan selalu sejalan dan satu nafas dengan tuntutan dan kemajuan peradaban bangsa kita,” paparnya.

Leave a Reply