Dalam Rangka Hari Juang Kartika, Kodam V Brawijaya Gelar Baksos Donor Darah

DBHCHT Sumenep

SURABAYA, SUARABANGSA.co.id Kodam V Brawijaya menggelar kegiatan bakti sosial donor darah yang diadakan secara serentak seluruh jajaran TNI dalam rangka Hari juang Kartika TNI AD yang bertepatan dengan peringatan HUT ke 73 Kodam V Brawijaya.

Asisten Teritorial (Aster) Kasdam V Brawijaya Kolonel inf Ahmad Basuki mengatakan, selain memperingati hari juang kartika. Bakti sosial donor darah digelar juga dalam rangka memeringati HUT ke-73 Kodam V Brawijaya.

Ia menyampaikan, untuk mengejar target 1.000 kantong darah. Pihaknya memerintahkan seluruh jajaran Kodim di Jawa Timur supaya menggelar aksi serupa.

“Untuk target kita dari pimpinan untuk Kodam V Brawijaya itu 1.000 (kantong darah). Namun kita menyiapkan di beberapa Kodim, seluruh Kodim, kita ada 33 Kodim. Masing-masing Kodim itu nanti Insya Allah akan melaksanakan donor darah sekitar 200 sampai 250 kantong darah,” papar Kolonel Ahmad Basuki di sela kegiatan, Kamis (9/12/2021).

Baca Juga:  Resmob Polrestabes Surabaya Lumpuhkan Tiga Pencuri di Tambak Wedi

Menurutnya, apabila Kodim seluruh Jawa Timur mampu memenuhi 200 sampai 250 kantong darah. Maka dikatakan Kolonel Ahmad Basuki, target bakal terlampaui karena diperkirakan mencapai 3.500 kantong darah.

Nantinya kata dia, ribuan kantong darah yang berhasil dikumpulkan akan diserahkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI).

“Untuk membantu masyarakat yang sedang membutuhkan donor darah,” lanjutnya.

Ia menambahkan, peserta donor darah pada program bakti sosial yang digelar kali ini berasal dari seluruh prajurit TNI AD,  Bala Kodam V Brawijaya, istri prajurit dan Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad).

Baca Juga:  Kurang Konsentrasi, Toyota Avanza Tabrak Truk di Depannya

Kegiatan donor darah dikatakannya, rutin digelar secara berkala sebagai bentuk kepedulian TNI AD kepada masyarakat yang membutuhkan transfusi darah. Selain itu, donor darah dilakukan bertujuan untuk menjaga kesehatan para prajurit Kodam V Brawijaya. Sehingga ia berharap, program ini terus berkelanjutan.

“Mereka tetap melakukan donor darah sambil memelihara kesehatan,” tandasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, bakti sosial yang selama ini rutin digelar bukan sekedar diisi dengan kegiatan donor darah. Melainkan juga beberapa aksi kemanusiaan seperti khitanan massal, pengobatan gratis hingga bantuan sosial. Hanya saja karena situasi masih pandemi COVID-19, pihaknya hanya melaksanakan donor darah.

Baca Juga:  Forkopimda Jatim Dampingi Presiden Cek Vaksinasi di Ponorogo

“Saat ini hanya donor darah saja,” tutupnya.

Leave a Reply