Relawan Korlas Bagikan Masker dan Sosialisasikan Prioritas Unit Emergency

SURABAYA, SUARABANGSA.co.id – Relawan KORLAS (Koordinasi Lintas Ambulance Surabaya) membagikan masker yang bertempat di Traffic Light perempatanan Panjang Jiwo, Surabaya, Jumat (11/10).

Mereka membagikan 1200 masker dan 1200 Flyer kepada pengendara roda dua dan roda empat kaca terbuka.

Koordinator Lapangan, Roni mengatakan bahwa selain baksos, pihaknya juga sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai PP no 43 tahun 1993 pasal 65 ayat 1 terkait prioritasnya unit emergency (Ambulance dan Damkar) yang berada di Surabaya. Agar bisa memberikan ruang sejenak terhadap kendaraan emergency ketika di traffic light maupun kemacetan.

Baca Juga:  Resmob Polrestabes Surabaya Lumpuhkan Tiga Pencuri di Tambak Wedi

“Kegiatan kami kesehariannya membantu membukakan jalannya ambulance dari seluruh rumah sakit yg masuk ke kota Surabaya, ini juga permintaan dari driver. Karena melihat kesadaran warga Surabaya yang sedikit kurang perhatian terhadap prioritas unit emergency. Jadi tidak hanya membuka jalannya ambulance, tetapi kami juga turun ke jalan untuk memberikan informasi dan membagikan selebaran yang berisikan imbauan, agar nantinya masyarakat paham akan posisi unit emergency,” terang Roni

Ia menambahkan, kegiatan tersebut didukung oleh pihak kepolisian setempat dan juga seluruh driver ambulance rumah sakit maupun yayasan sosial.

Baca Juga:  Polda Jatim Lakukan Analisa dan Evaluasi Kamtibmas

Sementara, Eko salah satu driver ambulance yang hadir di lokasi merasa terbantu relawan di Surabaya.

“Kami merasa sangat terbantu ketika membawa pasien dengan status darurat / kritis. Karena Surabaya kotanya macet. Agar kami sampai di rumah sakit lebih cepat dan segera ditangani, kami butuh adanya relawan untuk membuka jalan saat kemacetan,” ucapnya.

Penanggung Jawab Korlas, Zuev berharap dengan adanya sosialisasi dari Relawan Korlas, masyarakat lebih sadar akan adanya unit emergency di Surabaya.

“Bisa menepi dan setidaknya tidak parkir sembarangan pada gang gang kecil yang akan dilalui, agar tidak menghambat lajunya kendaraan,” tutupnya.

Leave a Reply