Cari Bibit Baru, Pemkab Sumenep Gelar Festival Topeng Dalang Dan Dalang Remaja

SUMENEP, SUARABANGSA.co.id – Cari bibit dalang muda, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar festival topeng dalang dan dalang remaja.

Pencarian bakat terpendam itu digelar di Lapangan Kesenian Gotong Royong Sumenep mulai 12-13 Oktober 2019.

Bupati Sumenep, A Busyro Karim mengataka bahwa hal itu dilakukan untuk mencari kaderisasi dalam perdalangan dalam kesenian topeng dalang Madura.

“Kita ingin ada kaderisasi, tidak hanya yang tua-tua yang sering dimana-mana tampil,” terangnya saat pembukaan Festival Topeng dalang dan dalang remaja di Areal Taman Bunga Sumenep, Sabtu (12/10).

Baca Juga:  Mas Kiai Fikri Ajak Santri Gapura Lawan Politik Sembako

Suami Nurfitriana itu menambahkan, saat ini yang banyak dalang sepug-sepuh, menurutnya, sehingga butuh kaderisasi dalam perdalangan di kesenian topeng dalang Madura.

“Kita ingin ada remaja-remaja, kita lombakan,” imbuhnya.

Politisi PKB itu mengatakan bahwa apa yang dilakukan adalah bagian dari Pemerintah Kabupaten Sumenep yang terus mencoba agar potensinya tidak hilang.

“Artinya tidak hanya menjadi potensi, tetapi menjadi kekayaan yang dapat dirasakan oleh semua masyarakat Kabupaten Sumenep,” tuturnya.

Menurutnya, jumlah wisatawan yabg datang ke Kabupaten Sumenep terus meningkat. Sehingga inimenjadi tolak ukur bahwa wisata dan kebudayaan di Kabupaten Sumenep diminati.

Leave a Reply