SURABAYA, SUARABANGSA.co.id – Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2025 resmi dibuka, Rabu (27/8/2025). Perhelatan yang digelar di Grand City Convex Surabaya, ini menjadi istimewa karena menandai satu dekade penyelenggaraan sekaligus menghadirkan tujuh merek baru kendaraan bermotor.
Pembukaan dilakukan oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian RI, Setia Diarta. Ia hadir bersama Plt Direktur Jenderal Industri Agro, Putu Juli Ardika, Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, serta Ketua Penyelenggara Pameran Rizwan Alamsjah.
“Kementerian Perindustrian dengan sepenuh hati mendukung penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2025. Kami berharap ajang ini dapat melanjutkan bahkan memperluas kesuksesan yang telah dicapai di GIIAS Tangerang, serta menegaskan posisi Surabaya sebagai kota strategis dalam peta industri otomotif Indonesia,” ujar Setia.
Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengungkapkan rasa syukur atas penyelenggaraan GIIAS Surabaya yang memasuki tahun ke-10. Menurutnya, capaian ini tidak terlepas dari dukungan pemerintah pusat maupun Pemerintah Provinsi Jawa Timur.
“GIIAS Surabaya adalah bagian dari upaya Gaikindo menghadirkan perkembangan industri otomotif kepada masyarakat Jawa Timur. Tahun ini menjadi lebih istimewa karena ada tujuh merek baru dari kategori kendaraan roda empat dan roda dua yang pertama kali bergabung. Ini menunjukkan potensi besar pasar otomotif di Jawa Timur,” kata Nangoi.
Pada gelaran kali ini, GIIAS Surabaya 2025 menampilkan 30 merek kendaraan bermotor. Sebanyak 21 merek kendaraan penumpang turut serta, di antaranya BAIC, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, Denza, GAC AION, Geely, GWM, Honda, Jaecoo, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Seres, Suzuki, Toyota, Vinfast, dan Wuling.
Untuk kendaraan komersial, DFSK turut meramaikan pameran. Adapun delapan merek roda dua yang hadir yakni Aprilia, Kupprum, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Enfield, Scomadi, United E-Motor, dan Vespa. Selain itu, 14 merek dari industri pendukung juga berpartisipasi.
Dukungan sponsor kembali hadir, di antaranya Astra Financial sebagai Platinum Sponsor bersama FIFGROUP, ACC, TAF, Asuransi Astra, Astra Life, AstraPay, MOXA, SEVA, dan Bank Saqu. PLN Mobile juga hadir sebagai “Powered by”, sedangkan JKIND, Superchallenge, Kahf, dan Berkah Event menjadi sponsor lainnya.
Selama lima hari, mulai Rabu (27/8) hingga Minggu (31/8), pengunjung dapat menikmati berbagai program dan pengalaman otomotif. Tiket dapat dibeli secara daring melalui aplikasi Auto360 dengan harga Rp 25.000 pada hari kerja dan Rp 40.000 saat akhir pekan. Sementara pembelian langsung di lokasi dibanderol Rp 35.000 (weekday) dan Rp 50.000 (weekend).
Penulis : Muji
Editor : Putri

















