Meski di Dasar Klasmen Jerman Masih Berpeluang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022, Ini Syaratnya!

- Admin

Kamis, 1 Desember 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SUARABANGSA.co.id – Tim Nasional Jerman berada di dasar klasmen sementara Grup E Piala Dunia 2022. Dari dua pertandingan yang dilakoni, Der Panzer hanya berhasil meraih 1 poin. Poin tersebut diperoleh Jerman saat menahan imbang Spanyol 1-1 pada laga kedua penyisihan grup. Pada laga pertama, Jerman harus menerima pil pahit setelah dikandaskan oleh Jepang dengan skor 2-1.

Kendati berada di dasar klasmen sementara, Jerman tetap memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar. Hal itu tergantung pada laga terakhir yang akan dijalani masing-masing negara.

Untuk diketahui, Grup E dihuni Spanyol, Costa Rica, Jepang, dan Jerman. Spanyol berada di posisi puncak dengan 4 poin, posisi dua Jepang dengan 3 poin, Costa Rica di posisi tiga juga dengan 3 poin, dan Jerman di dasar klasmen dengan 1 poin.

Semua negara masih sama-sama memiliki kesempatan untuk lolos. Lalu bagaimana dengan Jerman?. Pada laga terakhir, Jerman akan meladeni Costa Rica, sementara Spanyol akan melawan Jepang.

Untuk lolos ke babak 16 besar, langkah tim asuhan Hansi Flick bergantung pada hasil yang akan dijalani dan hasil pertandingan Spanyol vs Jepang. Langkah paling aman untuk lolos, Jerman wajib menang melawan Costa Rica, dipertandingan lain Spanyol harus mengalahkan Jepang. Jika itu terjadi maka Spanyol akan menjadi juara grup dengan 7 poin dan Jerman sebagai runner-up dengan 4 poin.

Baca Juga:  Piala Dunia 2022 Penuh Kejutan : Jepang Juara Grup E, Jerman Angkat Koper

Lalu bagaimana jika Jerman menang, sedangkan Spanyol vs Jepang berakhir seri?. Jika demikian, maka Spanyol tetap menjadi Juara Grup dengan 5 poin. Sedangkan Jerman dan Jepang sama-sama akan meraih 4 poin. Lalu siapa yang akan mendampingi Spanyol sebagai runner-up?.

Pemaim Jerman, Ilkay Gondogan setelah berhasil mengeksekusi penalti ke gawang Jepang. Laga ini berakhir dengan kekalahan Jerman 1-2. (Foto : REUTERS/MATTHEW CHILDS/Istimewa).

Untuk diketahui, pada piala dunia kali ini, ada sejumlah aturan yang berlaku untuk mementukan peringkat tim. Pertama, jumlah poin terbesar yang diperoleh dalam pertandingan grup antara tim yang bersangkutan.

Bagaimana jika ada tim yang memiliki poin sama, maka aturannya ditentukan melalui keunggulan selisih gol yang dihasilkan dari pertandingan grup antar tim yang bersangkutan. Jika masih sama, maka ditentukan dengan jumlah gol terbesar yang dicetak di semua pertandingan grup antar tim yang bersangkutan.

Jika masih saja sama, maka ditentukan dengan skor disiplin tim tertinggi terkait dengan jumlah kartu kuning dan merah yang diperoleh sepanjang fase grup. Berikutnya, tim dengan jumlah poin tertinggi akan diberi peringkat tertinggi. Jika masih ada tim yang sama poinnya, yang dilakukan berikutnya adalah pengundian oleh FIFA.

Baca Juga:  7 Pemain Surabaya BIN Samator di Proliga 2023, Lengkap Dengan Posisinya

Peraturan tersebut akan menentukan nasib Jerman jika juara Piala Dunia empat kali ini menang vs Costa Rica, dan Jepang menang melawan Spanyol. Begitupula jika Jerman menang dan Spanyol vs Jepang berakhir seri.

Jika saja Jerman menang dan Spanyol juga menang, seperti penjelasan di atas, maka Spanyol dan Jerman – lah yang lolos. Spanyol sebagai juara grup, sedangkan Jerman sebagai runner up.

Namun, jika Jerman menang dan Jepang juga menang, maka seluruh tim akan memperoleh poin 4. Maka dari itu, penentuan peringkat satu, dua, dan tiga akan ditentukan melalui selisih gol. Saat ini Jerman memiliki selisih gol -1, Spanyol +7, sedangkan Jepang 0.

Jika seluruh tim masih memiliki selisih gol sama, maka akan ditentukan melalui jumlah gol yang diciptakan. Sejauh ini, Jerman sudah mencetak 2 gol, Spanyol 7 gol, sedangkan Jepang dua gol.

Baca Juga:  Spanyol vs Jerman : Tantangan Bagi La Furia Roja, 'Neraka' Untuk Der Panzer

Dengan sekema demikian, dan semua tim memiliki jumlah gol yang diciptakan sama, maka akan ditentukan melalui skor disiplin tim tertinggi terkait dengan jumlah kartu kuning dan merah yang diperoleh sepanjang fase grup. Peraturannnya, kartu kuning minus 1 poin, kartu merah tidak langsung (akibat 2 kartu kuning) minus 3 poin, kartu merah langsung minus 4 poin, dan kartu kuning ditambah kartu merah langsung minus 5 poin.

Lalu bagaimana jika dengan skema tersebut semua tim masih memiliki poin yang sama?. Maka peringkat tim tersebut akan ditentukan dengan metode terakhir, yakni pengundian yang dilakukan oleh FIFA.

Lalu bagaimana jika Jerman menang dan Spanyol vs Jepang imbang?. Maka peraturan tersebut tidak berlaku bagi Spanyol yang otomatis menjadi juara grup dengan poin tertingi. Peraturan tersebut akan berlaku bagi Jerman dan Jepang untuk menentukan posisi runner-up. Untuk itu, untuk lolos dengan nyaman, Jerman wajib menang atas Costa Rica dengan skor besar.

Berita Terkait

Jaga Kesehatan Jelang Bulan Puasa, Camat Torjun Gelar Senam Bersama
Persibo Juara Liga 3 Jawa Timur, Pj Bupati Bojonegoro: Optimis Naik Kelas
Hadir di Bojonegoro, Denny Aprisani Beri Motivasi Pelatih dan Atlit PSHT
Empat Atlet Tenis Meja Pamekasan Membawa Gelar Juara
Didukung Orang Tua, Asyraf Kini Tampil di Suramadu Cup
Tutup Turnamen Bola Voli Dandim Cup ke-Xl Tahun 2023, Ini Pesan Dandim 0826/Pamekasan
618 Atlet Ikuti Kejuaraan Tenis Meja Pangdam V Brawijaya Cup III 2023
Bupati Sumenep  Buka turnamen Bupati Cup U-17 Antar Kecamatan

Berita Terkait

Selasa, 9 April 2024 - 03:42 WIB

Polres Pamekasan Tes Urine Sopir Angkutan Umum di Terminal Ronggosukowati

Kamis, 4 April 2024 - 23:10 WIB

Kodim 0826 Pamekasan Salurkan 600 Zakat Fitrah dalam Peringatan Nuzulul Qur’an 1445 H

Kamis, 4 April 2024 - 06:07 WIB

Polres Pamekasan Musnahkan BB Hasil Operasi Pekat Semeru 2024

Selasa, 2 April 2024 - 12:03 WIB

Polres Bojonegoro Buka Puasa Bersama Awak Media

Minggu, 31 Maret 2024 - 19:07 WIB

Cegah Balap Liar, Polres Bojonegoro Amankan 34 Motor

Minggu, 17 Maret 2024 - 22:00 WIB

Polres Bojonegoro Akan Tindak Tegas Pelaku Perang Sarung

Jumat, 15 Maret 2024 - 13:10 WIB

Kodim Pamekasan Tanam Ratusan Bibit Pohon

Selasa, 12 Maret 2024 - 13:49 WIB

Kapolres Bojonegoro Kunjungi Lokasi Banjir dan Bagikan 3.000 Nasi Bungkus

Berita Terbaru

News

Warga Pamekasan Geruduk Kantor PLN

Kamis, 18 Apr 2024 - 14:54 WIB

Birokrasi

Pemkab Bojonegoro Gelar Takbir bersama di Pendopo Malowopati

Rabu, 10 Apr 2024 - 17:24 WIB