Yayasan Riandja Sangap Gabe Arta Gandeng Warga Janji Angkola Rencanakan Parsulukan

Yayasan Riandja Sangap Gabe Arta, bersama Warga Janji Angkola beserta Pimpinan Parsulukan Tadzkirah Islamiyah Naqsabandiyah Pantai Labu saat Bermusyawarah tentang Pendirian Parsulukan.

TAPUT, SUARABANGSA.co.id – Bertekad Meneruskan Perjuangan Tokoh Ulama Batak bernama Tuan Syekh Haji Ibrahim Sitompul, Yayasan Riandja Sangap Gabe Arta bersama warga Janji Angkola, Kecamatan Purba Tua, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Wacanakan Mendirikan Parsulukan.

Hal ini di Musyawarahkan pada hari Selasa, (09/08/2022) Sore Di Masjid Raya Desa Janji Angkola, Kecamatan Purba Tua, dan di hadiri Warga Janji Angkola.

Ketua Yayasan Riandja Sangap Gabe Arta Haji Albiner Sitompul, Pimpinan Parsulukan Tadzkirah Islamiyah Naqsabandiyah Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang – Sumut. Syekh Misnu Bin Nasum beserta Rombongan sekaligus yang akan menjadi mursyid nantinya di parsulukan yang akan di dirikan.

Baca Juga:  Dump Truck Tengki Terbakar di Tol Malang Pandaan

Ketua Yayasan Riandja Sangap Gabe Arta Haji Albiner Sitompul mengatakan kepada awak Media beranjak dari Sejarah Perjuangan Ulama Batak Tuan Syekh Haji Ibrahim Sitompul yang memiliki Parsulukan dahulunya, kini tidak ada maka ia bertekad Mendirikan Ulang Parsulukan di Janji Angkola Kabupateb Taput.

“Didalam Sejarah Perjalanan Oppung (Kakek) saya yakni Tuan Syekh Haji Ibrahim Sitompul dalam perjalanan Syi’ar Agama Islam di tapanuli Utara ini, beliau memilki Parsulukan, namun faktanya saat ini Parsulukan itu tidak ada. Nah, beranjak dari situlah saya terlebih dahulu melakukan bersuluk diri di Tadzkirah Islamiyah Naqsabandiyah Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang,” ujarnya.

Baca Juga:  Satreskrim Polres Sumenep Amankan Satu Truk Beras

Kemudian Dikatakan Albiner Sitompul, usai melaksanakan suluk ia berunding dengan mursyid akan mendirikan parsulukan di Desa Janji Angkola sebagai Syi’ar Agama Islam sekaligus melanjutkan Perjuangan Tuan Syehk Haji Ibrahim Sitompul.

Terpisah Pimpinan Parsulukan Tadzkirah Islamiyah Naqsabandiyah Pantai Labu yakni Syekh Misnu Bin Nasum mengatakan kesanggupan menjadi mursyid jikalau Parsulukan di Janji Angkola berlangsung.

“Jikalau ada guru pastinya ada murid, jikalau masyarakat berkenan mau maka secara hati yang ikhlas saya akan membimbing mereka pada pelaksanaan parsulukan nanti,” katanya.

Kemudian Maksud Tambunan (64) salah seorang Tokoh Masyarakat mengapresiasi dan menerima langkah yang di buat Albiner Sitompul namun pihaknya memohon agar di berikan waktu bermusyawarah lagi dengan warga yang lain.

Baca Juga:  Bupati Probolinggo Resmikan Rumah Batik Koperasi Adikarya

“Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pimpinan Yayasan Riandja Sangap Gabe Arta dan kami menerima saran dan usulan ini. Namun kami memohon diberikan waktu untuk Bermusyawarah lagi, Pasalnya dari seribuan warga di kecamatan Purba Tua Janji Angkola Ini, hanya 80 Keluarga yang Beragama Muslim,” ungkap Tokoh Masyarakat Janji Angkola.

Leave a Reply