Pegadaian Syariah di Kabupaten Sampang Gelar Seminar Arrum Haji, Ini Kemudahan yang Bakal Didapat Nasabah

- Admin

Senin, 13 Juni 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SAMPANG, SUARABANGSA.co.id Pegadaian Syariah yang ada di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menggelar seminar Arrum Haji yang merupakan produk dari perusahaan milik pemerintah tersebut.

Pantauan kontributor suarabangsa.co.id, kegiatan yang mengangkat tema “Literasi dan Edukasi Produk Pegadaian Syariah” ini diisi oleh sejumlah narasumber, salah satunya mantan Bupati Pamekasan DR KH Kholilurrahman Wafi.

Acara yang diinisiasi oleh 3 cabang Pegadaian Syariah yang ada di Sampang itu berlangsung di gedung PKPRI pada Senin (13/06/2022) itu, selain dihadiri oleh ratusan nasabah dari Pegadaian Syariah juga melibatkan Kementerian Agama (Kemenag) kantor wilayah setempat.

Tiga cabang Pegadaian Syariah tersebut yakni, Cabang Pegadaian Syariah Sampang, Cabang Pegadaian Syariah Sampang Kota dan Cabang Pegadaian Syariah Telaga Biru.

Pemimpin Cabang Pegadaian Syariah Sampang, Eka Chandra Hertiansyah, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Arrum Haji adalah salah satu produk Pegadaian yang berbentuk pembiayaan syariah untuk melaksanakan ibadah haji melalui jalur haji regular.

“Pembiayaan dari Arrum Haji ini merupakan pinjaman dalam bentuk tabungan haji. Pegadaian memberikan layanan bagi masyarakat yang mengalami kesulitan dalam hal pembiayaan untuk pergi beribadah ke tanah suci Mekkah,” kata Eka.

Baca Juga:  Sering Hujan, Petani Tembakau di Pamekasan Khawatir Gagal Panen

Eka mengklaim, jika program tersebut telah melalui kajian dari dewan syariah nasional serta sudah mendapatkan sertifikasi legal dari badan berwenang. Selain itu, juga telah mendapatkan ijin dan dipastikan syar’i sesuai peraturan pemerintah.

“Jadi, bapak dan ibu akan aman kalau mau naik haji lewat program ini. Program ini sudah dikaji oleh dewan syariah, sudah mendapat ijin dan dipastikan syar’i sesuai aturan pemerintah,” tutur Eka.

Untuk menabung lewat Arrum Haji Pegadaian, kata Eka, caranya cukup mudah. Antara lain menyerahkan copy KTP dan jaminan emas batangan (LM) minimal 3,5 gram atau emas perhiasan berkadar 70% senilai 7 gram.

“Syaratnya harus beragama Islam, usia minimal 12 tahun saat mendaftar, maksimal 65 tahun saat jatuh tempo, fotocopy KTP, Kartu Keluarga (KK). Untuk pas foto 3×4 dan 4×6 disediakan oleh Kementerian Agama,” tandas Eka.

Sementara itu, Deputy Pegadaian Syariah area Madura, Mochamad Choyin menjelaskan bahwa Arrum Haji adalah program Pegadaian dengan sistem gadai emas perhiasan 3,5 gram atau senilai Rp2,5 juta dan nasabah akan mendapatkan pinjaman haji senilai Rp25 juta untuk mendapatkan nomor porsi haji dengan diangsur sampai dengan 5 tahun.

Baca Juga:  Meriahkan Malam Idul Adha, Pemkab Sumenep Gelar Lomba Takbir Keliling

“Biasanya kan kita kalau naik haji persiapkan uang Rp25 juta rupiah. Inikan uangnya lumayan agak besar. Nah, dengan produk Arrum Haji ini masyarakat cukup menyediakan logam mulia senilai 3,5 gram, langsung kita daftarkan ke Kantor Kemenag untuk mendapatkan nomor porsi keberangkatan haji,” jelasnya.

Program tersebut, kata Mochamad Choyin, ditawarkan oleh Pegadaian Syariah melalui produk Arrum Haji adalah jembatan bagi masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah dengan cepat dan mudah.

“Peluang sudah ada, tinggal mendaftarkan ke Pegadaian terdekat untuk diproses secepatnya. Jadi, dengan bermodalkan emas, umat Islam dapat pergi menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah,” bebernya.

Arrum Haji, lanjutnya, memiliki keunggulan sebagai pembiayaan porsi Haji yakni masyarakat mendapatkan kepastian nomor porsi, emas dan dokumen haji aman tersimpan di Pegadaian. Biaya pemeliharaan barang, dijamin terjangkau.

Baca Juga:  Terpilih Secara Aklamasi, Haji Romseh Kembali Nahkodai DPD PPNI Kabupaten Sampang

“Seperti kita ketahui bersama, bahwa Pegadaian ini BUMN dan bukan lembaga abal-abal apalagi kita sudah berdiri selama 121 tahun. Jadi, jaminan emas yang dijaminkan di pastikan aman,” sebutnya.

Dia mengatakan, bahwa program tersebut sudah diluncurkan beberapa tahun lalu. Di akhir seminar tadi, kata dia, sudah ada sekitar 16 orang yang memastikan diri untuk ikut program ini.

“Setelah nasabah mengangsur selama 5 tahun dan selesai,  maka nasabah hanya tinggal menunggu tahun keberangkatannya saja ke tanah suci dari Kemenag. Dan emas 3,5 gram yang di awal itu akan kita kembalikan,” imbuhnya.

Mochamad Choyin pun mengajak seluruh peserta untuk segera menunaikan ibadah haji selagi usia masih muda. Maka sejak saat inilah, kata dia, apabila memiliki kemudahan untuk mendaftar haji, maka segera langsung mendaftar.

“Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan porsi haji tetapi dana belum cukup Rp25juta, maka kami bisa membantu dan langsung datang ke Pegadaian terdekat untuk diberi penjelasan lebih lanjut,” pungkasnya.

Berita Terkait

Penandatanganan Pakta Integritas Anti Korupsi; Komitmen Pemkab Sampang Wujudkan Pemerintahan yang Bersih
Bumdes Ngringinrejo Bojonegoro Menjual Aneka Olahan Blimbing dan Jambu Kristal di Pekan Batik
Tim Sar Temukan Jasad Nelayan Pacemengan Kondisi Tewas di Pesisir Pantai Cungkingan Banyuwangi
Perahu Ditemukan Tanpa Awak, Seorang Nelayan Diduga Tenggelam di Laut Pecemengan Banyuwangi
Winda KDI Gagal Tampil Acara Soft Launching Pilbup Pamekasan 2024, Ini Alasannya
Warga Pamekasan Digegerkan Penemuan Bayi di Sekitar TPU Palanggeran
Ini Point Tuntutan PMII Bojonegoro ke Anggota DPRD soal Kelangkaan Gas LPG
Gas LPG Langka di Bojonegoro, PMII Blokade jalan Veteran Depan Gedung DPRD

Berita Terkait

Rabu, 12 Juni 2024 - 11:48 WIB

Penandatanganan Pakta Integritas Anti Korupsi; Komitmen Pemkab Sampang Wujudkan Pemerintahan yang Bersih

Selasa, 11 Juni 2024 - 17:07 WIB

408 Kades di Bojonegoro Dapat Perpanjangan Masa Jabatan

Selasa, 11 Juni 2024 - 14:27 WIB

Pj Bupati Bojonegoro Serahkan 1.935 SK PPPK, Dari Tenaga Guru Sampai Tenaga Kesehatan dan Teknisi

Senin, 10 Juni 2024 - 07:52 WIB

Closing Pekan Batik di Bojonegoro Berkolaborasi Dengan BUS KPK, Dihibur Niken Salindri

Minggu, 9 Juni 2024 - 20:28 WIB

Satgas Pencegahan Peredaran Rokok Ilegal di Pamekasan Mengikuti Bimtek Operasi Pemberantas Barang Kena Cukai

Sabtu, 8 Juni 2024 - 18:14 WIB

Gas LPG 3 Kg di Bojonegoro Sempat Langka Pemkab di Demo, Ini Persoalannya

Sabtu, 8 Juni 2024 - 18:08 WIB

Komisi B DPRD Bojonegoro Harapkan yang Bikin Langka LPG Diberi Sanksi

Sabtu, 8 Juni 2024 - 17:45 WIB

Sebelum Dilantik, Calon Anggota DPRD Bojonegoro Terpilih per 21 Hari Harus Melaporkan Harta Kekayaannya

Berita Terbaru