Tim Pocil Polres Lumajang Sabet Juara 1 Lomba Pocil Polda Jatim

LUMAJANG, SUARABANGSA.co.id – Tim Polisi Cilik (Pocil) Polres Lumajang menyabet juara 1 Lomba Pocil yang digelar oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Timur, dalam rangka HUT Bayangkara ke-64.

Kapolres Lumajang Polda Jawa Timur AKBP Dr. Muhammad Arsal Sahban SH, SIK, MH, MM., menjelaskan bahwa dari ke 31 anak, itu pilihan asli dari warga Kabupaten Lumajang.

“Kini, Polres Lumajang berhasil mengalahkan 38 kontestan Pocil (Polisi Cilik), yang disertai se-luruh jajaran Polda Jawa Timur,” papar AKBP Arsal.

Dalam lomba tersebut, ada beberapa hal yang masuk penilaian, diantaranya adalah 12 gerakan lalu lintas di tempat, 12 gerakan pengaturan lalu lintas berjalan, dimodifikasi lagu serta tari daerah asal. Selain itu, kerapian dan kekompakan serta ketepatan waktu (15-20 menit) juga menjadi pertimbangan dalam penilaian oleh dewan juri, tuturnya.

Baca Juga:  Mahasiswa STIT Al Karimiyyah Gondol Medali di Ajang SH CUP Se-Madura

“Saya sangat bangga dengan prestasi yang diukir oleh anak-anak Pocil (Polisi Cilik) Polres Lumajang ini. Terlihat kekompakan pocil lumajang sangat luar biasa, gerakan-gerakan mereka sangat kompak dan disiplin,” kesan AKBP Arsal.

Adapun dalam pendidikan Polisi Cilik di Lumajang memang unik, karena karakter-karakter tersebut dilatihkan dalam kegiatan sehari-hari mereka.

AKBP Arsal menambahkan, tujuan Pocil dibentuk adalah, untuk membangun Karakter anak-anak sejak usia dini. Yang dibangun adalah karakter kedisiplinannya, Karakter Etikanya dan Karakter Moralnya, waktu makan, saat membuang sampah, itupun harus dalam kondisi rapih, tidak boleh ada sampah yang tercecer.

Baca Juga:  Tim Cobra Polres Lumajang Sikat Ribuan Pil Koplo

“Adapun Polisi Cilik diambil dari kelas 3 dan kelas 4 di Sekolahan dasar dengan prestasi ranking 1-10 masing-masing,” ungkap AKBP Arsal.

Selain itu, Kasat Lantas Polres Lumajang Polda Jawa Timur, AKP Gede Putu Atma Giri SH., menyampaikan, dirinya sangat bersyukur dengan prestasi tersebut.

“Yang pertama saya berterimas kasih kepada Tuhan yang maha Esa, dimana jerih payah kami selama berbulan bulan membentuk karakter para pocil ini tak sia-sia,” ucapnya.

Menurutnya, mereka akan terus dididik karena akan mewakili Jawa Timur di pentas nasional nanti.

Baca Juga:  Diterjang Hujan Deras, Pohon Tumbang Tutupi Jalan di Torjun Sampang

“Untuk agenda terdekat para pocil kami adalah pada tanggal 22 September 2019 di Makodam 5 Brawijaya,” ucap Kasat lantas Gede Putuh Atma Giri.

Leave a Reply